TribunJogja/
Home »

DIY

» Sleman

Disdik Sleman Terus Kebut Persiapan UNBK 2017

Selain pemetaan kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan siswa juga menjadi perhatian.

Disdik Sleman Terus Kebut Persiapan UNBK 2017
Tribun Jogja/ Bramasto Adhy
Suasana ujian nasional (UN) online di salah satu sekolah di Yogyakarta, Senin (13/4/2015) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman kini tengah mengejar persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP.

Selain pemetaan kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan siswa juga menjadi perhatian.

"Yang perlu diperhatikan anak-anak ini sudah familiar belum (sistem UNBK)," ungkap Kepala Disdik Sleman Arif Haryono, Jumat (13/1/2017) kemarin.

Oleh karena itu pihaknya berencana akan mengadakan pelatihan. Pelatihan untuk membiasakan siswa mengerjakan soal UNBK itu rencananya akan diselenggarakan bulan Januari ini.

Sedangkan untuk pemetaan ketersediaan sarana dan prasarana terus dilakukan untuk kesuksesan UNBK . Pemetaan itu dikatakan Arif meliputi ketersediaan prasarana seperti komputer, jaringan internet, listrik, dan server.

Pasalnya, sebagai syarat untuk menggelar UNBK sebuah sekolah harus memiliki jumlah komputer minimal sepertiga dari jumlah siswa.

"Rencananya pada saat pelaksanaan akan ada yang mandiri di sekolahnya, ada yang menumpang di sekolah lain bisa SMP lain atau SMA," ungkapnya.

Selain itu, saat ini sudah ada beberapa sekolah yang mencetuskan ide akan meminjam laptop guru maupun siswa untuk memenuhi kekurangan itu.

Kemudian pemetaan selanjutnya yaitu berkaitan dengan teknis, seperti tenaga teknisi yang menjaga kelancaran sistem kerja.

Terkait sekolah yang telah siap menyelenggarakan UNBK ia masih belum dapat memastikan.

Sebab jumlah itu tengah dalam pendataan. Namun untuk sebagian besar SMP Negeri dikatakan telah siap menyelenggarakan UNBK. (*)

Penulis: akb
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help