Anak Muda UGM Kembangkan Sistem Irigasi Otomatis AiRi

Menurutnya, irigasi secara manual dinilai kurang efektif karena membutuhkan banyak tenaga dan waktu dalam pengerjaannya.

Anak Muda UGM Kembangkan Sistem Irigasi Otomatis AiRi
Ist
Airi, sistem irigasi otomatis yang bisa diaplikasikan di area perkebunan kelapa sawit. 

TRIBUNJOGJA.COM - Berawal dari keprihatinan terhadap sistem irigasi di Indonesia, Andrianto Ansari, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) mencoba melakukan terobosan.

Dari sanalah akhirnya ia berhasil melahirkan sistem irigasi otomatis yang dinamakan AiRi.

Menggandeng beberapa rekannya, yakni beberapa alumni dari FTP UGM yakni Widagdo Purbowaskito, Yustafat Fawzi, dan Dualim Atma, serta dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM yakni Muhammad Ghufron Mustaqim, terciptalah sistim irigasi otomatis yang sesuai dengan kebutuhan tanaman di area perkebunan kelapa sawit.

“AiRi merupakan teknologi otomatisasi untuk irigasi pada pembibitan kelapa sawit yang mengkombinasikan hardware dan software yang bekerja secara realtime,” jelas Andrianto, Rabu (4/1/2017). 

Menurutnya, irigasi secara manual dinilai kurang efektif karena membutuhkan banyak tenaga dan waktu dalam pengerjaannya.

Hal tersebut berbeda dengan yang dapat dilakukan AiRi. Melalui teknologi otomatisasi irigasi tersebut, diharapkan tidak hanya mengurangi pengeluaran biaya dan tenaga, namun juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan tanaman dan menghemat penggunaan air. 

Kelima anak muda yang tergabung dalam  tim Merapi Tani Instrument (Mertani) Indonesia tersebut, menggunakan berbagai sensor. Mulai dari sensor nutrisi, sensor lengas tanah, serta sensor iklim mikro berbasis jaringan nirkabel.

Melalui sensor-sensor itu, lanjut Andrianto, dapat diketahui kondisi kelembaban tanah, nutrisi dan iklim di area perkebunan.

Dilengkapi pula dengan panel surya sebagai sumber energi dalam pengoperasian sistim irigasi ini.

“Alat ini bekerja secara otomatis saat tanaman membutuhkan air,” ucapnya.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help