Home »

DIY

» Bantul

Disperindagkop Bantul Kerjasama Dengan Telkom Gagas UKM Digital

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menargetkan bisa memfasilitasi 17 sentra Kampung UKM digital di seluruh Kecamatan di Bantul.

Disperindagkop Bantul Kerjasama Dengan Telkom Gagas UKM Digital
net
Online Shopping 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul memfasilitasi Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bisa berjualan secara online.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menargetkan bisa memfasilitasi 17 sentra Kampung UKM digital di seluruh Kecamatan di Bantul.

Kepala Disperindagkop Bantul, Sulistyanto menjelaskan, dua UKM yang saat ini menjadi percontohan UKM digital ini adalah kerajinan enceng gondok di Kecamatan Sanden dan UKM kerajinan batik kayu di Kecamatan Pajangan.

Menurut Sulis, dua sentra kerajinan tersebut akan difasilitasi sepenuhnya mulai dari akses internet dan pembuatan laman online untuk pemasaran produk.

"Penjualan online saat ini sangat pesat. Sehingga kami berupaya memfasilitasi UKM di Bantul," ujarnya sela-sela peluncuran Kampung UKM Digital di Pendopo Kantor Bupati Bantul, Rabu (30/11/2016).

Adapun percontohan di sentra UKM dua kecamatan tersebut hanyalah sebagai permulaan. Untuk memfasilitasi dua sentra UKM ini, pihaknya menganggarkan Rp180 juta.

Ke depannya, Sulis juga mendorong agar satu kecamatan dibentuk sentra UKM, sehingga nantinya ada 17 sentra UKM digital.

Pihaknya pun secara bertahap akan mendorong setiap sentra UKM untuk didirikan Kampung UKM Digital.

Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan, Disperindagkop, Zanita Sri Andanawati menambahkan, beberapa kendala dalam UKM digital ini adalag sebagian wilayah di Bantul masih belum terjangkau jaringan internet fiber optic, yang memungkinkan untuk dapat mengakes jaringan internet cepat.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: ais
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help