Peduli Masyarakat Sekitar, RS St Elisabeth Ganjuran Adakan Operasi Katarak Gratis

Kegiatan ini sebagai wujud empati dan kepedulian pihak-pihak tersebut terhadap penderita katarak.

Peduli Masyarakat Sekitar, RS St Elisabeth Ganjuran Adakan Operasi Katarak Gratis
tribunjogja/siti ariyanti
Peserta operasi katarak gratis di RS St Elisabeth Ganjuran sedang menjalani pemeriksaan tekanan darah, Minggu (13/11/2016). 

TRIBUNJOGJA.COM - Rumah Sakit (RS) St Elisabeth Ganjuran bekerja sama dengan Paroki Ganjuran dan Djarum Foundation menggelar operasi katarak gratis bagi warga, Minggu (13/11/2016).

Kegiatan ini sebagai wujud empati dan kepedulian pihak-pihak tersebut terhadap penderita katarak.

Adi Mulyanto, Direktur RS St Elisabeth Ganjuran menjelaskan, total peserta yang ikut operasi katarak hari ini adalah 57 orang. Sebelumnya, ada 200 orang yang mendaftar, tetapi tidak lolos pemeriksaan.

Ia berharap, kegiatan ini dapat meringankan beban penderita katarak, yang selama ini kesulitan berobat karena masalah ekonomi.

"Ini juga digelar dalam rangka ulang tahun RS St Elisabeth yang ke-86 dan ulang tahun Paroki Ganjuran yang ke-92. Kami berencana menjadikan ini kegiatan rutin kami bersama paroki," urai Adi pada Tribunjogja.com.

Sementara itu, dr Dian Sumastuti, ketua panitia kegiatan operasi katarak gratis 2016 menuturkan, rata-rata usia warga yang ikut operasi sudah di atas 50 tahun.

Mereka juga tidak hanya berasal dari Bantul, tetapi banyak pula dari luar kabupaten dan bahkan dari propinsi lain.

200 orang yang mendaftar telah diperiksa pada Sabtu (12/10/2016).

Mereka yang benar-benar menderita katarak dan kondisi metaboliknya memenuhi, maka akan ikut operasi gratis.

"Ada keluhan selain katarak yang mendaftar. Kalau seperti itu tidak kita sarankan. Kemudian kalau kondisi gula darah, tekanan darah dan kondisi metabolik lainnya memenuhi, kita sarankan untuk operasi," papar Dian.

Ia menyarankan, orang yang melihat ada titik putih di matanya segera memeriksakan diri ke dokter. Bila disertai dengan pemandangan buram, maka itu adalah gejala awal katarak. (*)

Penulis: say
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved