PT KAI Persero Siap luncurkan Rail Clinic Kedua

Rangkaian kereta layaknya puskesmas berjalan ini akan menyasar masyarakat di daerah terpencil.

PT KAI Persero Siap luncurkan Rail Clinic Kedua
tribunjogja/ikrar gilang
Gerbong Rail Clinic saat tahap penyelesaian di Balai Yasa Yogyakarta pada Senin (24/10/2016). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ikrar Gilang Rabbani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PT KAI Persero siap meluncurkan kereta medis atau Rail Clinic tahap kedua pada pertengahan November mendatang.

Executive Vice President (EVP) Balai Yasa Yogyakarta Eko Purwanto mengatakan, rangkaian kereta layaknya puskesmas berjalan ini akan menyasar masyarakat di daerah terpencil.

Rail Clinic edisi kedua ini akan dioperasikan di wilayah sumatera bagian selatan hingga Lampung.

"Rail Clinic ini akan berhenti di staisun-stasiun kecil selama satu hari untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi masyarakat terpencil," ujar Eko pada Senin (24/10/2016).

Eko menjelaskan, Rail Clinic yang pertama telah diluncurkan dan beroperasi sejak Desember 2015. Untuk proyek kedua ini, tidak ada perbedaan set kereta dan masih menggunakan kereta jenis KRD buatan tahun 1982.

Saat ini, Rail Clinic masih dalam tahap pengerjaan dengan progres mencapai 70 persen. Pengerjaan dimulai pada bulan Oktober 2016, direncanakan rampung dan diluncurkan pada pertengahan November 2016.

"Kalau bisa diluncurkan saat peringatan hari Pahlawan 10 November. Mengingat progres yang cepat, kami yakin optimis bisa segera selesai tepat waktu dan dioperasikan segera," tuturnya.

Satu set gerbong Rail Clinic memiliki fasilitas kesehatan yang memadai layaknya poliklinik. Rail Clinic menyediakan fasilitas berupa poli mata, poli gigi, USG, laboratorium mini, hingga pelayanan farmasi lengkap dengan dokter dan perawatnya.

"Semua pelayanan kesehatan ini disediakan langsung oleh unit kesehatan PT KAI dan pelayanan ini gratis bagi masyarakat. Sistemnya, Rail Clinic akan berhenti selama satu hari di setiap stasiun," jelasnya.

Eko menyebut, dalam setiap kegiatan pelayanan, Rail Clinic bisa melayani 200-300an orang di satu tempat. PT KAI bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat untuk memberikan sosialisasi bagi masyarakat soal agenda kedatangan Rail Clinic. (*)

Penulis: gil
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved