PIKI DIY akan Selenggarakan Sejumlah Program untuk Pembangunan Nasional

PIKI DI Yogyakarta ikut serta dalam partisipasi pembangunan nasional sebagai wujud pengamalan Pancasila.

Laporan Reporter Tribun Jogja Padhang Pranoto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) DI Yogyakarta ikut serta dalam partisipasi pembangunan nasional sebagai wujud pengamalan Pancasila.

Hal ini diwujudkan satu diantaranya dengan pengkajian berbagai isu aktual, demi terjaganya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak berhenti disitu, PIKI hadir dengan semangat memberi sumbangan pemikiran, mencarikan solusi persoalan, dengan senantiasa menjunjung tinggi cinta kasih pada sesama.

Hal itu berkaca pada sejarah yang mencatat umat Kristen merupakan bagian integral pelaku sejarah perjuangan bangsa Indonesia, yang terpanggil untuk mengisi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Induk Organisasi Masyarakat PIKI lahir pada 19 Desember 1963, yang berlandaskan kesadaran serta pengetahuan yang diterangi oleh penyelamatan dan pembaruan Allah didalam Yesus Kristus.

Bambang Praswanto Ketua DPD PIKI DI Yogyakarta menyampaikan, ada beberapa program kerja yang akan dikerjakan selama setahun kedepan.

Diantaranya sarasehan budaya, mengingat pentingnya revitalisi seni budaya lokal sebagai kekayaan daerah demi terus terjaganya keistimewaan DIY.

Program lain yang sudah dirancang adalah tanggap bencana di DIY. Adapula persoalan lain menyangkut kehidupan sosial masyarakat pada umumnya, dan juga masyarakat gereja.

"Rencananya akan ada diskusi atau Forum Group Discussion (FGD) terkait dengan isu nasional, regional dan internasional tiap bulan sekali. Juga akan menggelar seminar nasional bekerjasama dengan organisasi intelektual semisal dengan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) DIY," ucapnya, Senin (17/10/2016), pada acara Konferensi Pers PIKI DIY, di Wisma Immanuel Yogyakarta.

Berbagai rancangan acara itu dikatakannya, bertujuan menyelesaikan persoalan nasional dan daerah serta situasi terkini di Indonesia terkait dengan implementasi Pancasila, Pembukaan UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika untuk segera mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. (*)

Penulis: pdg
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved