Inilah 6 Penyebab Umum Stres yang Sering Dialami

Kunci utama untuk mengatasi stres adalah menyadari apa penyebab stres itu sebenarnya.

Inilah 6 Penyebab Umum Stres yang Sering Dialami
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kunci utama untuk mengatasi stres adalah menyadari apa penyebab stres itu sebenarnya. Karena sering kali, kita mengalami stres, tanpa tahu apa penyebabnya.

Mengidentifikasi penyebab stres merupakan hal yang krusial. Sebab semakin tinggi tingkat stres, semakin sulit untuk diatasi. Berikut enam penyebab stres adalah:

1. Pekerjaan

Pekerjaan mungkin menjadi salah satu faktor yang cukup besar. Semakin banyak kita menghabiskan waktu untuk bekerja, pekerjan itu akan langsung berhubungan pula dengan identitas, keuangan, bahkan gaya hidup kita.

Penyebab stres dalam pekerjaan misalnya: Pekerjaan yang tidak diakui, permintaan yang tidak dipenuhi, kurangnya penghargaan dari perusahaan, penalti yang tinggi untuk kesalahan, bahkan kurangnya tantangan kerja.

2. Hubungan

Hubungan bisa membawa kita pada situasi yang sangat baik, namun bisa pula membawa kita pada situasi yang sangat buruk. Tidak hanya hubungan personal yang bisa menyebabkan stres.

Racun dalam hubungan antarteman, rekan kantor, bahkan dalam pergaulan juga sangat berbahaya. Hubungan yang diisi dengan kritik, gosip, permintaan yang tidak masuk akal, ancaman, bahkan pembodohan bisa menyebabkan stres.

3. Kesibukan

Saking sibuknya, menjadi kewalahan dan tidak mampu memanajemen waktu dengan baik. Orang bekerja rata-rata 40-48 jam setiap minggunya. Namun jika ada kesempatan lebih lagi untuk mengisi kesibukan itu, biasanya orang langsung mengambilnya juga. Sehingga tidak memiliki waktu untuk beristirahat.

Halaman
12
Editor: ton
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved