TribunJogja/

KKN UNY 2016 Kelompok 106 D Dirikan Taman Baca

Taman baca tersebut bernama Taman Baca Cakra Aksara.

KKN UNY 2016 Kelompok 106 D Dirikan Taman Baca
Ist
Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang menggelar KKN UNY 20016 yakni kelompok 106 D mendirikan taman baca di Bulusawit, Sambiroto, Purwomartani, Kalasan, Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang menggelar KKN UNY 2016 yakni kelompok 106 D mendirikan taman baca di Bulusawit, Sambiroto, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Mereka adalah Cholis Mahardika, Mei Rosita Sari, Erna Suryani, Nurullia Fitri Chandrawati, Ardi cDadang Kurniadi, Dian Grace Puspita, Dian Damairia, Khotibul Umam, Drajat Yudho Kinantan, Asri Pratiwi, Inggrit Permata Sari, Yosi Titriasari Arrumadewi, dan Arum Widyastuti.

Taman baca tersebut bernama Taman Baca Cakra Aksara.

Cakra adalah roda dan aksara adalah huruf. Maka, filosofi dari Cakra Aksara adalah ilmu selalu berputar atau berkembang, maka kita harus mengkuti arus perkembangan ilmu tersebut.

Salah satunya dengan membaca.

Pembuatan Taman Baca Cakra Aksara di Bulusawit dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memberikan kegiatan positif untuk masyarakat Bulusawit yaitu membaca.

Buku adalah jendela dunia. Istilah tersebut menggambarkan bahwa dengan membaca seseorang akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Ketika membaca, seseorang tidak hanya berprikir kritis saja, namun juga akan mengolah imajinasi mereka, sehingga dapat meningkatkan daya kreativitas.

Dengan daya kreativitas tersebut seseorang dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

“Selain buku materi sekolah, koleksi taman baca juga didominasi oleh buku keterampilan. Maka, dapat meningkatkan keterampilan dan kecakapan dalam berusaha, seperti beternak, bertani, dan wirausaha, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian warga di sini, " kata Duwi Riyanto, Wakil Ketua Organisasi Muda-Mudi Bulusawit.

Taman Baca Cakra Aksara diharapkan bermanfaat untuk memperluas wawasan dan pengetahuan, sehingga kepedulian masyarakat Bulusawit terhadap lingkungan sekitarnya dapat meningkat.

Selain itu, diharapkan mendukung kemampuan untuk berpartisipasi dalam masyarakat yang demokratis, mandiri, tangguh, dan berkontribusi dengan cara yang positif.

Kelompok 106 D masih berusaha untuk menambah koleksi buku Taman Baca Cakra Aksara dengan mengajukan proposal ke penerbit-penerbit maupun perseorangan.

Hal tersebut diharapkan agar koleksi buku bervariasi, sehingga minat baca masyarakat Bulusawit makin meningkat. (*)

*Oleh Nurullia Fitri Chandrawati
Mahasiswi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help