Kartu Identitas Anak Bisa Diakses Awal September 2016

pencetakan KIA nantinya akan menggunakan mesin yang biasa digunakan untuk mencetak KTP. Sebab spesifikasi KIA dan KTP tak memiliki banyak perbedaan.

Kartu Identitas Anak Bisa Diakses Awal September 2016
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Pencetakan Anak'>Kartu Identitas Anak (KIA) untuk warga Yogyakarta sudah dapat dilakukan pada awal September 2016 mendatang.

Saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta telah menyiapkan 34.531 blangko KIA.

Kepala Seksi Pengembangan dan Pemeliharaan Sistem, Disdukcapil Kota Yogyakarta, Joko Setiadi menuturkan, pencetakan KIA nantinya akan menggunakan mesin yang biasa digunakan untuk mencetak KTP. Sebab spesifikasi KIA dan KTP tak memiliki banyak perbedaan.

“Sekarang ada petugas kami yang sedang bimtek (bimbingan teknis) di pusat. Permohonan dan pencetakan KIA sudah bisa dilayani di awal September,” kata Joko, Minggu (28/8/2016).

Dia menambahkan selain melayani pemohon baru, pihaknya juga melayani pemilik KIA model lama yang selama ini diterbitkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Seperti diketahui, KIA yang diterbitkan sekarang mengikuti standar yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Syarat untuk mengganti KIA yang baru adalah diketahui RT/RW setempat. Jadi sasaran kita tidak hanya yang baru saja,” ucapnya.

Joko pun mengungkapkan, manfaat KIA ialah sebagai identitas yang jika anak diminta menunjukkan identitas saat menumpang pesawat terbang, kereta api, maupun hal lainnya. Ke depan, KIA akan digunakan pemerintah untuk memberikan bantuan pada anak.

“Misalnya seperti diskon ke anak. Layanan sementara di kantor Disdukcapil Kota Yogyakarta, dan pelayanannya sekitar empat hari setelah permohonan diajukan,” jelasnya.

Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta, Sisruwadi menambahkan, bayi yang lahir otomatis mendapatkan KIA saat mengurus akta kelahiran. Seperti diketahui, KIA diperuntukkan bagi anak berusia nol atau baru lahir hingga 17 tahun kurang satu hari.

“Jadi selain mengajukan khusus KIA, KIA juga bisa didapat saat mengurus akta kelahiran,” tutup Sisruwadi. (*)

Penulis: mrf
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help