Pembayaran Ganti Rugi Bandara Dilaksanakan 14-15 September 2016

Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan hari-hari sebelumnya masyarakat akan lebih difokuskan dengan persiapan Idul Adha.

Pembayaran Ganti Rugi Bandara Dilaksanakan 14-15 September 2016
jogjainvest.jogjaprov.go.id
Masterplan bandara baru Yogyakarta di Kulonprogo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 34 tahun 2016 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan dari Pengalihan Hak Atas Tanah dan/atau Bangunan disambut baik warga terdampak Bandara Kulonprogo.

Walaupun mundur dari jadwal pembayaran ganti rugi, yang semula dijadwalkan 22 Agustus 2016, namun hal tersebut membuat warga penerima ganti rugi nantinya tidak akan dikenakan pajak atau zero tax.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) DIY, Arie Yuriwin mengatakan dengan keluarnya PP nomor 34 tahun 2016, menggantikan PP nomor 48 tahun 1994, menjadikan pengadaan tanah untuk kepentingan umum bebas dari Pajak Penghasilan atau PPh.

"Tapi PP tersebut berlaku 30 hari setelah diundangkan. Jadi diundangkan 8 Agustus, maka berlaku pada 9 September. Kalau pembayaran (ganti rugi) Agustus, mereka masih kena (PPh), maka warga memohon untuk ditunda," ucapnya ketika ditemui di Kompleks Kepatihan, Rabu (24/8/2016).

Arie menjelaskan rencana pembayaran ganti rugi tersebut akan dilaksanakan pada 14-15 September 2016 mendatang.

Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan hari-hari sebelumnya masyarakat akan lebih difokuskan dengan persiapan Idul Adha.

Terkait verifikasi, Arie mengatakan bahwa proses tersebut sudah dilaksanakan. Ada beberapa warga yang sudah setuju tapi mengajukan keberatan, termasuk masih ada gugatan sekitar 125 warga yang berhubungan dengan Paku Alam Ground (PAG).

"Minggu ini kami pastikan selesai validasi, karena surat dari pengadilan tidak langsung, melainkan satu per satu. Minggu ini kami selesaikan validasi yang terakhir," ucapnya. (tribunjogja.com)

Penulis: kur
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved