TribunJogja/

Lewat Surat Perjanjian Ini, Siswa Diminta Tak Menuntut Guru Bila Dicubit Sampai Merah

Surat perjanjian calon siswa di sebuah sekolah untuk tidak menuntut bila dihukum oleh guru, beredar viral di dunia maya.

Lewat Surat Perjanjian Ini, Siswa Diminta Tak Menuntut Guru Bila Dicubit Sampai Merah
Facebook

TRIBUNJOGJA.COM - Surat perjanjian calon siswa di sebuah sekolah untuk tidak menuntut bila dihukum oleh guru, beredar viral di dunia maya.

Diduga, ini merupakan buntut dari beberapa orang guru yang dibui karena mencubit muridnya.

Foto salinan surat itu dibagikan oleh Facebooker Asmadewa Merpati Gajel, Jumat (1/7/2016) di sebuah grup.

Dari kop suratnya, kemungkinan surat perjanjian yang nantinya harus dibubuhi materai itu terjadi di SMP Negeri 6 Mataram.

Terdapat enam poin yang harus disepakati calon siswa dalam surat itu. Di antaranya bersedia tidak akan menuntut bila dicubit sampai merah atau biru karena terlambat, dipotong rambutnya karena gondrong, dijemur di lapangan karena tidak mengerjakan tugas.

Ada pula disuruh push-up karena berisik di kelas, dijewer karena pakaian tidak rapi, serta beberapa hukuman lain yang disesuaikan dengan tingkat kesalahan.

Menurut surat tersebut, perjanjian itu dibuat demi menciptakan generasi penerus yang mandiri dan penuh rasa hormat terhadap lembaga pendidikan. Bila terjadi beberapa ketidaksiplinan tersebut, maka wali murid tidak berhak melaporkan guru pada pihak berwajib.

Beredarnya surat tersebut ditanggapi beragam oleh netizen. Ada yang setuju dan ada pula yang tidak. Mereka yang tak setuju khawatir ini akan menjadi pengesahan, guru dapat bertindak sewenang-wenang pada murid.

"Lebih baik jangan langsung dicubit atau dijewer. Dimasukin BK kasih poin pelanggaran terus diadukan orang tua, dipanggil ke sekolah. Kalau lebih dari 3 kali ga di indahkan baru disikat, " komentar Novie AnjarWati.

"Kalimatnya gak pas menurutku karena jika akan menjadi legitimasi melakukan hal kekerasan. Perjanjian dua belah pihak bukan seperti kalimat di gambar tersebut," kata Totok Al Bagas.

Halaman
12
Penulis: say
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help