Mulai 20 Juni KA Prameks Berhenti di Stasiun Brambanan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta akan memberhentikan KA ini di stasiun Brambanan. Hal ini merupakan wujud sinergi antar BUMN.

Mulai 20 Juni KA Prameks Berhenti di Stasiun Brambanan
TRIBUN JOGJA/Rento Ari Nugroho
KA Prambanan Ekspress memasuki stasiun Klaten. Menghadapi antusiasme dan tingginya permintaan penumpang terhadap layanan KA Prambanan Ekspress (Prameks), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 tengah mengkaji perubahan pola layanan. (ilustrasi) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Meski menyandang nama Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks), namun beberapa tahun terakhir KA komuter ini tidak berhenti di stasiun Brambanan di wilayah Prambanan.

Namun mulai 20 Juni mendatang PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta akan memberhentikan KA ini di stasiun Brambanan. Hal ini merupakan wujud sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Beberapa waktu yang lalu Menteri Negara BUMN Rini Soemarno mencanangkan sinergi BUMN di kompleks Candi Prambanan.

Dalam acara tersebut didengungkan agar BUMN mendukung sektor pariwisata di wilayah DIY-Jateng yakni di Yogya-Solo-Semarang. Sebagai satu dari beberapa BUMN yang turut andil, PT KAI mulai bergerak.

Hal tersebut diungkapkan Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Hendy Helmi di sela penyambutan Menteri Perhubungan di Bandara Adisutijipto Yogyakarta, Rabu (15/6/2016) malam.

Menurut Hendy, tujuan dari rencana ini adalah pengembangan kerjasama dengan pemerintah daerah dalam hal pengembangan kawasan pariwisata di Yogya dan Solo.

"Nanti akan kami lihat bagaimana pangsa pasarnya. Untuk sementara yang berhenti KA Prameks pag," katanya.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto menambahkan, pemberhentian KA Prameks di Brambanan ini juga merespons permintaan masyarakat.

Dengan demikian, masyarakat Prambanan dan sekitarnya yang ingin bepergian ke Yogya maupun Solo dapat terakomodir.

"Selain itu juga ada beberapa manfaat lain dari berhentinya KA Prameks di Brambanan ini. Selain mendukung sektor pariwisata, mempermudah akses masyarakat Prambanan, juga bisa mengurangi keterlambatan KA," katanya.

Eko mencontohkan, KA Prameks pagi dari Yogyakarta seringkali harus disusul KA Malioboro Ekspres dari Yogyakarta tujuan Malang di stasiun Maguwo. Hal ini memaksa KA Prameks tersebut berhenti cukup lama.

"Padahal, kalau berjalan dulu ke Stasiun Brambanan dan berhenti di sana masih cukup. Dengan demikian, kalau KA Prameks ini berhenti di Stasiun Brambanan justru akan mengurangi keterlambatan yang selama ini kerap terjadi. Untuk itu masyarakat pengguna KA Prameks jangan khawatir," imbuhnya.

Eko melanjutkan, KA Prameks yang berhenti di stasiun Brambanan ini adalah KA Prameks nomor 274 yang berangkat pukul 07.35 WIB dari stasiun Tugu Yogyakarta. Kemudian, KA Prameks nomor 280 yang berangkat pukul 11.05 WIB dari Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Kalau yang dari Solo adalah KA Prameks 275 berangkat pukul 07.15 dan KA Prameks 279 yang berangkat pukul 10.40," pungkasnya. (tribunjogja.com)

Penulis: toa
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved