Akreditasi PTS di DIY

Akreditasi Penting untuk Jaga Kualitas Pendidikan

Akreditasi institusi bagi perguruan tinggi harus dilakukan demi untuk menjaga kualitas pendidikan tinggi.

Akreditasi Penting untuk Jaga Kualitas Pendidikan
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Daftar akreditasi institusi PTS di DIY 

Dr Ratminto MPol
* Pakar Kebijakan Publik UGM

PADA prinsipnya, akreditasi adalah upaya untuk memastikan bahwa pelayan yang diberikan oleh penyelenggara layanan memenuhi standar tertentu. Sehingga pengguna jasa tidak dirugikan dan dijamin akan mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Demikian juga halnya dengan akreditasi institusi bagi perguruan tinggi yang harus dilakukan demi untuk menjaga kualitas pendidikan tinggi.

Akreditasi institusi perguruan tinggi menjadi semakin penting karena persaingan yang semakin kompetitif di tingkat global.

Namun permasalahannya adalah belum semua PTS siap. Oleh karena itu, bisa dimengerti apabila ada PTS yang memilih untuk melakukan akreditasi institusi menjelang batas akhir. Hal ini dilakukan agar mereka lebih siap dan harapannya akan mendapatkan hasil akreditasi yang baik.

Oleh karena banyak PTS yang belum siap, maka kebijakan pemerintah dengan memberikan bantuan sudah tepat. Bantuan ini idealnya tidak hanya dalam bentuk pemberian dana, tetapi juga bantuan dalam bentuk lain yang lebih substantif. Misalnya kesempatan konsultasi dan penyediaan tenaga ahli untuk membantu.

Akan sangat baik apabila ada kewajiban bagi perguruan tinggi yang sudah terakreditasi baik. Hal itu guna membantu perguruan tinggi yang belum mendapatkan atau belum melakukan akreditasi.

Sebetulnya yang sangat dibutuhkan oleh perguruan tinggi yang belum mendapatkan akreditasi adalah ketersediaan dosen yang berkualitas. Kalau bantuan 'pemberian' atau 'peminjaman' dosen bisa dilakukan, maka akreditasi mereka bisa menjadi baik.

Sementara untuk perusahaan, menengok saat ini akreditasi institusi belum final, maka sebaiknya itu jangan dijadikan syarat utama dalam proses rekrutmen pegawai. Kalau dijadikan salah satu bahan pertimbangan tidak apa apa.

Dengan demikian masyarakat tidak dirugikan. Kasihan masyarakat miskin yang untuk kuliah sudah habis habisan dan setelah lulus tidak bisa mendapatkan pekerjaan. (*)

Penulis: mrf
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved