Agenda

Pentas Seni Bangun Tulak Akan Hiasi Penghujung Maret 2016

Mengakhiri Bulan Maret ini, Dinas Kebudayaan DIY akan menyelenggarakan Pentas Seni Bangun Tulak.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mengakhiri Bulan Maret ini, Dinas Kebudayaan DIY akan menyelenggarakan Pentas Seni Bangun Tulak.

Event seni budaya ini akan dihelat pada Kamis (31/3/2016) mulai pukul 16.00 di Pendopo Budaya Kampung Prenggan Kotagede Yogyakarta.

Pentas Seni 'Bangun Tulak' adalah bagian dari pengenalan nilai-nilai budaya yang ada di Kratin Ngayogyakarto Hadiningrat dan Kadipaten Pura Pakualaman.

Kesenian yang sebelumnya hanya bisa dilihat di kedua tempat itu, kini dibawa keluar dan diperlihatkan kepada masyarakat luas.

Pentas seni ini di bagi menjadi tiga sesi, di antaranya parade seni nusantara yang menampilkan tarian nusantara yang berlangsung mulai pukul 16.00 sampai 18.00.

Parade ini akan dimeriahkan dengan tarian nusantara, tari anak Kotagede, cosplay, karawitan, java blood, gejog lesung, keroncong, dan hadroh.

Sementara untuk sesi kedua akan ada dialog budaya yang dimuali pukul 19.00 sampai 21.00.

Dialog ini akan mendatangkan Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Penghageng Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Penghageng Kadipaten Pakualaman, Ketua MPKT Kota Yogyakarta dan Tokoh Masyarakat.

Terakhir, akan ada sesi beksan adiluhung yang digelar mulai pukul 21.00 sampai selesai.

Sesi terakhir ini akan menampilkan Beksan Golek Menak Putri dan Beksan Lawung Jajar dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kadipaten Pakualaman juga akan menampilkan Beksan Floret serta Beksan Tandyataya. (tribunjogja.com)

Penulis: gya
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved