Agenda

PCMI Buka Pendaftaran PPAN

Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Yogyakarta membuka pendaftaran Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2016

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Yogyakarta membuka pendaftaran Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2016 mulai 21 Maret hingga 3 April 2016.

PPAN merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dengan sistem fully funded dan dapat diikuti oleh pemuda-pemudi Indonesia dengan rentang usia 19 – 30 tahun.

Secara umum, program ini bertujuan untuk mempererat persahabatan dan kerja sama pemuda Indonesia dengan pemuda dari negara tujuan, serta sikap saling pengertian diantara masyarakat khususnya generasi muda dengan negara tujuan.

Ada tujuh negara yang menjadi tujuan dari program ini yaitu Australia, India, Tiongkok, Kanada, Malaysia, Asia Tenggara-Jepang, dan Korea Selatan.

Konten atau tema masing-masing program berbeda antara satu dengan lainnya.

Bagi para pemuda yang terpilih dari masing-masing provinsi, akan bersama-sama menjalani Pre-Departure Training (PDT) di Jakarta dan untuk selanjutnya akan dinobatkan sebagai Duta Muda Indonesia untuk menjalani dan menyelesaikan program.

Setelah selesai menjalani program, para alumni akan kembali ke provinsi asal dan tergabung dalam sebuah ikatan bernama Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) yang saat ini sudah tersebar di hampir 31 provinsi di Indonesia.

Ikatan inilah yang kemudian akan menyelenggarakan seleksi PPAN setiap tahun dan bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga setempat guna memilih perwakilan provinsi yang sesuai dengan pembagian kuota program dan kuota gender oleh Kemenpora pada provinsi yang bersangkutan.

Selain memberikan memberikan manfaat untuk kelangsungan organisasi PCMI, para alumni program akan melaksanakan Post Program Activity (PPA) yang merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap alumni PPAN selepas menjalani program. Kegiatan tersebut meliputi personal development, local community development, dan volunteering activity.

Beragam kegiatan lain yang disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Program ini terbuka untuk umum, baik yang masih berstatus sebagai mahasiswa maupun yang telah bekerja, asalkan tetap masuk ke dalam kriteria usia program.

Program ini juga dapat diikuti bagi calon pendaftar yang tinggal di Yogyakarta namun tidak memiliki KTP Yogyakarta.

Calon pendaftar dapat mengganti persyaratan KTP dengan KIPEM/SKTS (Surat Tinggal Sementara).

Seleksi #PPANJogja ini akan dibagi menjadi empat tahapan, yaitu seleksi administrasi, wawancara pada 9 April, semifinal pada 12-14 April, dan seleksi final pada 22-24 April.

Submit aplikasi akan ditutup pada tanggal 3 April 2016 pukul 06.00 WIB. (tribunjogja.com)

Penulis: gya
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved