Ahli Menduga Firaun Ramses III Mati Karena Digorok

Temuan para ahli mengenai kematian salah satu Firaun di Mesir Kuno, yakni Ramses III cukup mencengangkan.

Ahli Menduga Firaun Ramses III Mati Karena Digorok
Getty Images via Daily Mail
Temuan para ahli mengenai kematian salah satu Firaun di Mesir Kuno, yakni Ramses IIIp cukup mencengangkan. Dari hasil computed tomography (CT) scanning, diduga leher Ramses III digorok dan kakinya dikapak. 

TRIBUNJOGJA.COM - Temuan para ahli mengenai kematian salah satu Firaun di Mesir Kuno, yakni Ramses III cukup mencengangkan.

Dari hasil computed tomography (CT) scanning, diduga leher Ramses III digorok dan kakinya dikapak.

Kematian para penguasa Mesir kuno dijelaskan secara detail oleh Egyptologist Zahi Hawass dan pakar radiologi Universitas Kairo, Sahar Saleem.

Keduanya mempelajari mumi dari kerajaan Mesir dinasti ke-18 sampai 20 antara tahun 1543 SM sampai 1064 SM.

Ada sejumlah nama terkenal seperti Hatshepsut, Thutmose III, Tutankhamun, Seti 1 dan Ramses III. Dari penelitian yang dilakukan, kemungkinan Ramses III dibunuh dengan cepat, yakni digorok.

Di tulang kakinya juga terdapat tanda keretakan yang mungkin diserang menggunakan kapak. Bila melihat luka yang diderita, para ahli menduga bila ia diserang lebih dari satu orang.

"Secara anatomis, cedera pada kaki berbeda jauh dengan luka leher yang dipotong. Senjata yang digunakan juga berbeda. Jadi harus ada penyerang dari depan menggunakan kapak atau pedang, satu lagi dengan pisau atau belati dari punggung raja," papar Saleem seperti dikutip dari Live Science, Selasa (22/3/2016).

Sebuah dokumen papirus kuno menceritakan bagaimana pembunuhan Ramses III yang memerintah pada tahun 1186 SM sampai 1155 SM tersebut.

Teori konspirasi menyebut bahwa pembunuhan ini direncanakan oleh salah satu istrinya yang bernama Tiye.

Ia memiliki kepentingan untuk menjadikan anaknya, Pentawere sebagai raja mengalahkan Ramses IV yang sudah setengah jalan menuju tahta.

Halaman
12
Penulis: say
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help