TribunJogja/

Bisnis akan Kompetitif ketika E-Commerce Dikenakan Pajak

Pemerintah bisa mengenakan pajak pada bisnis online, maka bisnis ini akan memiliki harga yang tidak terpaut jauh dengan bisnis offline.

Bisnis akan Kompetitif ketika E-Commerce Dikenakan Pajak
recommender.strands.com
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Selama ini masyarakat banyak yang beralih ke belanja online (e-commerce) karena tertarik harga yang lebih murah.

Namun ketika pemerintah bisa mengenakan pajak pada bisnis online, maka bisnis ini akan memiliki harga yang tidak terpaut jauh dengan bisnis offline. Dengan demikian bisnis offline dan online akan bisa kompetitif.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (Pustek) UGM, Drs Dumairy MA kepada Tribun Jogja, Senin (29/2/2016).

Menurutnya, meski memiliki penawaran harga yang berbeda, sejauh ini bisnis offline dan online tidak langsung saling menggerus segmen pasar satu sama lainnya.

"Saya kira bisnis online tidak langsung mengganggu bisnis offline, sebab tidak semua orang suka berbelanja online. masing-masing telah memiliki segmen tersendiri. Meski bisnis online memiliki kekuatan di harga, namun bisnis offline juga bisa bertahan dengan catatan mampu mempertahankan kualitas dan mutunya. Sebab, satu kesulitan belanja online adalah melihat dulu kualitas dan mutunya. Sedangkan kalau offline kan orang bebas milih," paparnya.

Kekuatan offline, lanjutnya, akan semakin terlihat ketika terjadi sesuatu pada bisnis online misalnya adanya pelaku bisnis online yang nakal.

Selain itu, transaksi melalui online juga rentan bocor karena penggunaan kartu kredit yang terendus hacker, misalnya.

"Apabila sudah terjadi semacam itu, tentu orang akan balik ke offline. Nah, selain itu, selama ini orang melihat online karena harganya yang murah. Ini karena rantai perdagangan yang pendek misalnya tak harus melalui perantara atau grosir," jelas dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM ini.

"Selain itu, murah juga bisa karena belum terdeteksi pajak. kalau pada akhirnya nanti pemerintah berhasil mengatur pajak online, tentu harganya akan kompetitif dibanding dengan yang offline," imbuhnya. (tribunjogja.com)

Penulis: toa
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help