TribunJogja/

Career Days ke-19 Diikuti 60 Perusahaan

Dalam penyelenggaraannya yang ke-19, pameran kali ini diikuti oleh 60 perusahaan dan ribuan pencari kerja.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pusat informasi dan pengembangan karier, Engineering Career Center (ECC) Fakultas Teknik UGM, kembali mengadakan jobfair Career Days pada tanggal 27-28 Februari 2016 lalu, di Grha Sabha Pramana.

Dalam penyelenggaraannya yang ke-19, pameran kali ini diikuti oleh 60 perusahaan dan ribuan pencari kerja.

"Dari jumlah pengunjung yang sudah mendaftar secara online ada 9 ribu pengunjung, tapi berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya pengunjung yang hadir tiga kali lipat dari jumlah pendaftar online. Jadi untuk tahun ini diperkirakan akan ada sekitar 27 ribu pengunjung," ujar Direktur ECC, Nurhadi pada Sabtu (27/2/2016).

Career Days UGM merupakan kegiatan regular yang diadakan ECC UGM sebagai institusi berbasis teknologi informasi terdepan di Indonesia untuk bidang informasi karir, personal development, dan recruitment service.

Melalui penyelenggaraan Career Days, ECC berusaha memfasilitasi perusahaan atau instansi yang memerlukan tenaga kerja dengan para pencari kerja.

Tidak hanya itu, ia menambahkan, bagi ECC pameran ini juga menjadi sarana untuk mengukur kinerja mereka selama ini.

Kegiatan ini pun diselenggarakan untuk umum, tidak hanya bagi lulusan UGM, tetapi juga bagi lulusan sekolah dan universitas lain.

"Melalui Career Days ini UGM juga ingin memberikan kesempatan bagi lulusan perguruan tinggi lain supaya mereka pun mendapat kesempatan untuk mencari pekerjaan. Hal ini sesuai dengan filosofi UGM sebagai menara air, bukan hanya dalam ilmu tapi juga dari segi kemanfaatannya,” jelasnya.

Komposisi perusahaan peserta pameran pada tahun ini didominasi oleh perusahaan dari 4 sektor utama, yaitu perbankan dan keuangan dengan proporsi 20%, sektor supply chain dengan proporsi 19%, serta sektor teknologi informasi dan sektor infrastruktur, masing-masing dengan proporsi 16%.

Sementara itu, pencari kerja terbanyak merupakan lulusan akuntansi, kemudian disusul dengan lulusan teknik mesin serta teknologi informasi.

Nurhadi pun berharap melalui acara ini ECC dapat menjalin relasi yang lebih baik dengan perusahaan maupun dengan para pencari kerja.

"Saya harap perusahaan dapat menjadikan kami strategic partner, sebagai talent solutionuntuk keperluan mereka. Jadi perusahaan dapat datang kepada kami dan menyampaikan tenaga kerja seperti apa yang mereka perlukan. Bagi job seeker, kami juga ingin menjadi partner. Mereka dapat datang kepada kami untuk melakukan konsultasi dan kami akan memberi bimbingan bagaimana mereka dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat mereka," tambahnya. (*)

Penulis: gya
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help