TribunJogja/

Belajar Beragam Profesi di Kelas Inspirasi Yogyakarta

Untuk mengerti profesi relawan pengajar yang tak mudah. Ada tanggung jawab besar yang melekat bersama profesi tersebut.

Belajar Beragam Profesi di Kelas Inspirasi Yogyakarta
tribunjogja/kurniatulhidayah
Suasana Kelas Inspirasi Yogyakarta (KIY) yang menghadirkan relawan pengajar dari beragam profesi, untuk menjelaskan tugas dan tanggung jawab mereka di hadapan siswa SDN Sosrowijayan, Sabtu (6/2). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gantungkan cita-citamu setinggi langit. Kalimat tersebut akan lebih ampuh jika dibarengi dengan kehadiran sosok yang dicita-citakan di depan mata.

Bukan hanya cita-cita yang menggantung, namun juga tahu bagaimana jalan agar bisa sampai dan mewujudkan cita-cita tersebut.

Hal itu dirasakan oleh puluhan siswa di SDN Sosrowijayan yang kedatangan tamu spesial pada Sabtu (6/2/2016).

Mereka adalah para relawan pengajar Kelas Inspirasi Yogyakarta (KIY) dengan latar belakang profesi pekerjaan yang berbeda.

Para siswa masuk kelas dan mendapatkan pelajaran yang berbeda dari hari biasanya. Kali ini mereka diberikan wawasan tentang profesi masing-masing relawan pengajar.

Aiptu Jamar, misalnya, ia bertugas memberikan pengarahan di kelas VI. Lengkap dengan seragam kebesarannya, ia berusaha menanamkan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga tata tertib di manapun mereka berada.

"Kalian harus tahu tentang panca tertib yakni tertib pribadi, keluarga, di jalan, di sekolah, dan tertib di mana saja," terangnya disambut anggukan dari para siswa.

Kalimat yang diucapkan Jamar di dalam kelas tersebut memompa semangat seorang siswa bernama Viko Darmawan. Siswa kelas VI tersebut telah lama bercita-cita ingin menjadi seorang polisi. Kedatangan Jamar ke sekolahnya berarti sangat banyak baginya.

Kini ia paham, bagaimana mempersiapkan diri agar bisa mewujudkan keinginannya tersebut. "Seorang polisi itu harus berani, pantang menyerah, dan juga tidak sombong. Kalau mau berhasil (jadi polisi, red), mulai sekarang harus rajin belajar," imbuhnya kepada Tribun Jogja.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help