Banggalah Menjadi Pustakawan

Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Kota Yogyakarta menyelenggarakan seminar

ASOSIASI Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Kota Yogyakarta menyelenggarakan seminar dengan tema "Kebijakan Pemerintah dalam Pengembangan Tenaga Perpustakaan Sekolah di Kota Yogyakarta dalam Rangka Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu".

Acara dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Sabtu, tanggal 30 Januari 2016.

Seminar ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Satrio (Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta), Fauzi Noor A (Sekretaris Komisi D DPRD DIY), dan Wahyu Hendratmoko (Kepala Arpusda Kota Yogyakarta).

Wahyu mengapresiasi langkah ATPUSI Kota Yogyakarta yang dapat mempertemukan para pemangku kebijakan sehingga dapat berdiskusi bersama dengan tenaga perpustakaan sekolah.

"Silakan sampaikan unek-unek kepada Arpusda. InsyaAllah kami akan bantu semaksimal mungkin. Banggalah menjadi pustakawan, walaupun dianggap tidak mainstream, tidak populis. Tetap yakinlah bahwa pekerjaan kita menghasilkan kebaikan untuk semua orang," katanya menegaskan.

Sedangkan Satrio mengatakan, kepala sekolah harus ikut memperjuangkan kesejahteraan tenaga perpustakaan. Sudah selayaknya menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang berperan aktif di sekolah.

Dia menambahkan bahwa Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta sudah merancang beberapa program, antara lain workshop dan bimtek.

"Kami akan mengajak tenaga perpustakaan sekolah untuk mengunjungi perpustakaan-perpustakaan yang patut untuk dicontoh. Mari kita kunjungi sister school yang dapat memberikan ide demi kemajuan perpustakaan sekolah," katanya.

Sementara itu, Fauzi Noor A mengatakan bahwa DPRD DIY akan memaksimalkan program untuk perpustakaan dan TBM.

"Apabila program jelas, sasaran dan tujuannya juga jelas, maka kami akan maksimalkan anggarannya," ujar dia.

DPRD DIY sangat mengharapkan ATPUSI dapat menjembatani para tenaga perpustakaan dalam memperjuangkan kesejahteraannya.

Salah satunya dengan cara memberikan data riil tentang kondisi tenaga perpustakaan sekolah yang ada di Kota Yogyakarta, agar dapat diperjuangkan oleh DPRD DIY. (tribunjogja.com)

*Oleh : Esti Pratiwi SIP
Pustakawan SMA N 2 Yogyakarta

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved