Citizen Journalism

Liburan Produktif di Festival Literasi KGLC

Minggu, 24 Januari 2016, diadakan Festival Literasi bertema "Semangat Budaya Literasi dan Kreatifitas KGLC".

Liburan Produktif di Festival Literasi KGLC
ist
Liburan Produktif di Festival Literasi KGLC 

Janu Muhammad
Inisiator Karung Goni Learning Center

KARUNG Goni Learning Center (KGLC), yang lebih dikenal dengan Omah Baca Karung Goni, adalah perpustakaan komunitas yang berfokus kegiatan pada layanan perpustakaan, pendidikan nonformal, dan pemberdayaan pemuda.

Pada tahun 2015, KGLC terpilih sebagai proyek sosial terbaik di Young Leaders for Indonesia didukung oleh McKinsey&Company, dan telah dikunjungi oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat maupun Perhimpunan Pelajar Indonesia di NTU Singapura.

Minggu, 24 Januari 2016, diadakan Festival Literasi bertema "Semangat Budaya Literasi dan Kreatifitas KGLC".

Meskipun saat itu hari libur, sejak pukul 06.30 WIB di depan halaman KGLC hadir anak-anak dari penjuru RT 01 sampai RT 06 Dusun Ngemplak, Caturharjo, Kabupaten Sleman.

Suasana pun semakin ramai oleh banyaknya tamur, mulai dari berbagai komunitas di Yogyakarta serta para relawan dari beberapa kampus seperti UNY, UGM, UIN, UMY, dan UII STIEBANK.

Tepat Pukul 07.15 WIB, acara jalan sehat dibuka oleh Dimas Amri dari Ikatan Dimas-Diajeng Sleman. Selanjutnya, para peserta mengikuti acara pembukaan di rumah Pak Hardoko, kepala Dukuh Ngemplak.

Pembukaan Festival Literasi disampaikan oleh Yande Sutawan, ketua Panitia Festival Literasi 2016. Kemudian dilanjutkan acara pengenalan KGLC oleh saya selaku inisiator KGLC, yang pada tahun 2015 terpilih sebagai Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan DIY.

Adapun Festival Literasi ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat literasi serta budaya baca dalam diri anak-anak dan juga kaum muda. Melalui rangkaian kegiatan lomba mewarnai, lomba menulis cerita pengalaman di perpustakaan, pemilihan Duta Baca KGLC, talkshow dengan Duta Bahasa DIY, serta temu komunitas.

Pada acara Temu Komunitas, turut hadir Bapak Muhsin Kalida dan Ibu Heny dari Forum Taman Bacaan Masyarakat DIY yang berbagi inspirasi serta pengalaman dalam menggelorakan gerakan literasi di masyarakat.

Turut hadir pula berbagai komunitas, seperti, Ikatan Dimas-Diajeng Sleman dan Kota Yogyakarta, Duta Bahasa DIY, Sahabat Beasiswa Yogyakarta, Hilo Green Community Yogyakarta, Go Pangan Lokal, Inspirator Indonesia, Kelas Inspirasi Yogyakarta, Akademi Berbagi, Indonesia Youth Dream, Save Street Jogja, CES Jogja, IPMMY Sulbar, dan Taman Bacaa Guyub Rukun, Komunitas Peduli Pendidikan. (*)

Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved