Citizen Journalism

Melakukan Mini Riset di MA, Mts, dan Ponpes

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana ideologi dan sistem dalam praktik manajerial di madrasah.

Poniman
Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

JURUSAN Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga mengadakan mini riset dalam perkuliahan Filsafat Manajemen.

Salah satu tugas akhir di tahun 2015 dari mata kuliah tersebut, mahasiswa diwajibkan mengadakan mini riset di MA Salafiyah Wahid Hasyim, Mts N Maguwoharjo, dan MTs N Lab UIN Jogja, Ponpes Nurul Ummah Kotagede, dan Ponpes Wahid Hasyim Condongcatur.

Kegiatan ini diadakan sejak 20 September sampai 8 Desember 2015. Kegiatan dibagi dalam kelompok kerja oleh Bapak Zainal Arifin MSI selaku Sekjur MPI dan dosen pengampu mata kuliah Filsafat Manajemen.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana ideologi dan sistem dalam praktik manajerial di madrasah.

Dengan mengadakan teknik wawancara, dokumentasi, dan studi lapangan pada setiap madrasah dan pondok pesantren, mahasiswa sangat antusias dalam pengumpulan data yqng nantinya akan dianalisis serta dikorelasi dengan beberapa teori mengenai manajemen sekolah seperti teori manajemen sumber daya manusia, manajemen peserta didik, manajemen sarpras, dan sebagainya.

Dari penelitian ini Bapak Zainal mengharapkan mahasiswa bisa mempelajari dan mulai akrab mengenai penelitian serta persiapan menjelang KKN dan penelitian tingkat lanjut yaitu membuat skripsi.

Skripsi memang selama ini membuat para mahasiswa menjadi terkendala dan mengalami kesulitan menulisnya.

Melalui mini riset ini mahasiswa terbiasa untuk berbaur di masyarakat dan instansi pendidikan formal maupun nonformal.

Setelah kegiatan mini riset yang mahasiswa lakukan, tugas selanjutnya yaitu membuat laporan penelitian. Hasil penelitian dibuat makalah yang nantinya dipresentasikan pada perkuliahan dalam kelas.

"Kegiatan mini riset sangatlah membantu dalam hal mempersiapkan skill menghadapi KKN dan PLP karena dengan studi lapangan mahasiswa menjadi lebih dini tahu akan hal-hal yang cocok dijadikan program KKNnya serta tema skripsi yang hendak diajukan" ujar Ridwan Alawi, ketua kelas dan aktivis LPM Paradigma. (*)

Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved