Titoti, Bakso Legendaris dari Wonogiri

Dari sekian banyak bakso Wonogori yang ada, terdapat beberapa bakso yang cukup terkenal dan melegenda, dan salah satunya adalah Bakso Titoti.

Titoti, Bakso Legendaris dari Wonogiri
tribunjogja/hamimthohari
Bakso Spesial 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNJOGJA.COM, WONOGIRI - Wonogiri, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah selama ini dikenal luas karena makanan bakso dan mie ayamnya. Banyak warga dari Wonogiri yang merantau keluar daerahnya untuk berjualan kedua makanan tersebut.

Dari sekian banyak bakso Wonogori yang ada, terdapat beberapa bakso yang cukup terkenal dan melegenda, dan salah satunya adalah Bakso Titoti. Usaha bakso milik Slamet Triyanto ini terkenal akan kualitas rasanya, sehingga bakso Titoti banyak memiliki cabang.

"Di Jakarta bakso Tototi memiliki sembilan cabang, di Solo ada dua, di Sragen ada satu, dan di Wonogiri sendiri ada dua," ujar Slamet Triyanto saat di temui di rumah makannya yang berada di jalan Raya Ngadirojo km.6, Desa Brubuh, Kecamatan Ngadirojo, Kabupeten Wonogiri.

Kesuksesan tersebut tidaklah didapat dengan mudah oleh Slamet, perlu kerja keras untuk mencapainya. Diceritakannya, ayah lima orang anak ini pertama kali berjualan bakso pada tahun 1971.

Saat itu Slamet pertama kali berjualan di daerah Kota Bambu, Jakarta dengan cara dipikul.

"Sebelumnya saya nekat merantau ke Jakarta ikut kerja dengan orang yang lebih dulu berjualan bakso. Setelah ikut orang lain, akhirnya saya putuskan berjualan sendiri," tambahnya.

Setelah cukup lama berjualan dengan cara dipikul, kemudian cara berjualannya berubah dengan menggunakan gerobak dorong. Baru pada tahun 1987 Slamet mulai membuka warung bakso di kawasan Kota Bambu, Jakarta Barat.

Halaman
12
Penulis: mim
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved