Membekali Para Calon Pendamping Anak-anak

Sahabat Kapas, melalui kegiatan "Diskusi Selapanan", mengadakan pembekalan singkat bagi pemuda yang tertarik mendampingi anak-anak.

Membekali Para Calon Pendamping Anak-anak
ist
Sahabat Kapas, melalui kegiatan Diskusi Selapanan , mengadakan pembekalan singkat bagi pemuda yang tertarik mendampingi anak-anak. 

KEKERASAN anak, eksploitasi, penelantaran, bullying, atau perlakuan salah lainnya, dapat terjadi di mana saja, termasuk lingkungan terdekat kita.

Anak-anak berpotensi menjadi korbannya. Namun kebanyakan dari mereka cenderung enggan bercerita karena malu, takut, atau tidak ada ruang untuk sharing atau berbagi.

Situasi seperti ini tentunya tidak dapat dibiarkan berlama-lama. Kita semua, sebagai bagian dari masyarakat dewasa, perlu untuk ikut membantu mereka keluar dari situasi tak nyaman.

Membuat anak mampu dan terbiasa mengungkapkan pendapat dan perasaannya memerlukan trik dan teknik khusus.

Karena itulah Sahabat Kapas, melalui kegiatan "Diskusi Selapanan", mengadakan pembekalan singkat bagi pemuda yang tertarik mendampingi anak-anak.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelatihan dengan fasilitator Desi Rahmawaty dari Yogyakarta. Dessy adalah fasilitator forum anak tingkat nasional, yang mempunyai pengalaman berinteraksi dengan kelompok-kelompok anak yang beragam.

Kegiatan berlangsung pada Kamis (20/1), selama empat jam, di kantor Sahabat Kapas, Jl Jambu II/36 Pondok Tohudan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jateng.

Kegiatan ini diikuti oleh relawan Sahabat Kapas, pendamping forum anak dan mahasiswa yang peduli terhadap anak.

Harapannya, kegiatan penguatan kapasitas pemuda ini dapat menjadi bekal kita mendampingi anak-anak dalam situasi-situasi spesial, membangun kepercayaan diri mereka agar berani bersikap dan berkarya.

Pada akhirnya, akan lebih banyak anak di sekitar kita yang mendapat manfaat dari kemampuan kita memfasilitasi kegiatan bersama mereka. (*)


*Oleh: Febi Dwi Setyaningsih
Aktivis LSM Sahabat Kapas

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved