Menangkal Ancaman Organisasi Sesat

Selain menyebarkan paham sesat, organisasi menyimpang juga mencari anggota masyarakat untuk dijadikan pengikut dan kader.

Menangkal Ancaman Organisasi Sesat
Dok pri
Rachmanto MA, Alumnus CRCS Sekolah Pascasarjana UGM

DITEMUKANNYA dr Rica Tri Handayani, wanita muda yang menghilang secara misterius, akhirnya menguak dugaan keterlibatan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Organisasi ini sejatinya banyak ditolak oleh masyarakat di beberapa tempat dan dicurigai oleh pemerintah. Sebab, mereka mengajarkan doktrin yang bertolak belakang dengan keyakinan yang dianut masyarakat.

Hanya, pemerintah dan masyarakat cenderung membiarkan, sehingga Gafatar bebas bergerak di masyarakat.

Selain menyebarkan paham sesat, organisasi menyimpang juga mencari anggota masyarakat untuk dijadikan pengikut dan kader. Di Yogyakarta ada banyak organisasi yang memiliki ajaran menyimpang.

Proses rekrutmen anggota dilakukan intensif melalui indoktrinasi ajaran agama yang diputarbalikkan.

Penulis sendiri pernah menjadi salah satu sasaran untuk dijadikan anggota organisasi sesat. Saat itu penulis sedang sendirian di Masjid Kampus UGM. Kemudian ada seorang pria berkenalan dan berdiskusi tentang agama.

Selang tidak beberapa lama, orang tersebut mengajak diskusi dilanjutkan hari selanjutnya (dengan tempat dan waktu yang telah disepakati).

Penulis pun kemudian datang ke lokasi. Harapannya tentu saja untuk berdiskusi. Ternyata tempat diskusi yang dijanjikan adalah sebuah rumah. Penulis kemudian dipersilakan masuk ke dalam kamar.

Ada beberapa orang di rumah tersebut. Tetapi di dalam kamar hanya ada penulis dan orang yang memberikan materi diskusi.

Perbincangan awal memang tentang masalah agama sederhana. Tetapi terus berlanjut tentang hukum dan perundang-undangan.

Halaman
123
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved