Liburan Sambil Membuat Liputan

Biasanya karya yang saya kirim itu berupa video, dan karya itu saya kirim ke salah satu perusahan media swasta yang ada di Indonesia.

Liburan Sambil Membuat Liputan
dok pri
Elbi Fitra Yudi, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga 

BAGI saya, aktivitas di perkuliahan tidak menghalangi saya untuk berlibur juga. Biasanya saya menyempatkan untuk berlibur sambil menjadi seorang citizen journalist (CJ).

Ini karena saya berkuliah di UIN Sunan Kalijaga Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Jurusan Komunikasi penyiaran Islam. Jadi saya mempunyai sedikit basis untuk membuat sebuah liputan atau berita.

Biasanya karya yang saya kirim itu berupa video, dan karya itu saya kirim ke salah satu perusahan media swasta yang ada di Indonesia.

Walaupun tidak semua hasil karya saya itu ditayangkan tetapi saya tidak akan berkecil hati karena kesempatan akan selalu ada kalau kita bersungguh-sungguh.

Mungkin bagi mahasiswa seperti saya menjadi CJ bisa membantu saya untuk mengembangkan teori yang saya dapatkan di perkuliahan.

Saya bisa jadi tahu bagaimana mengambil sudut pandang suatu peristiwa atau tempat wisata untuk dipublikasikan.

Biasanya, saya mencari berita tentang tempat-tempat wisata baru, keggiatan-kegiatan di Yogyakarta, ataupun fenomena sosial. Biasanya saya membuat liputan tidak sendirian tetapi dengan teman satu jurusan kuliah.

Sekarang itu, banyak media yang mau menjadi kanal sebagai tempat para citizen journalis untuk mempublikasikan hasil liputannya ke perusahaan medianya. Baik itu media elektronik ataupun cetak.

Seperti halnya Tribun Jogja, memberikan ruang bagi para CJ untuk mau menerima hasil karya tersebut.

Kesempatan inilah yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang, khususnya CJ. Karena, kita bisa mencoba untuk memberikan sebuah informasi atau berita apapun untuk dipublikasikan.

Jadi tidak hanya liburan untuk diri sendiri. tetapi bisa berbagi informasi atau pengalaman kepada orang banyak yang akan menambah wawasan dan mencerdaskan untuk kita semua.

Bagi seorang CJ, karyanya bisa dimuat di media merupakan sebuah kebanggaan. Karena tidak semua hasil karya CJ bakal dimuat di sebuah perusahaan media.

Untuk itu saya pun juga ingin mencoba membuat hasil karya saya dimuat di Tribun Jogja.

Tidak hanya untuk berbagi pengalaman saya selama menjadi citizen journalist, tetapi juga untuk mengasah bakat saya di bidang jurnalistik serta menjadikan tulisan saya nilai tambah untuk mata kuliah jurnalistik. (*)

*Oleh: Elbi Fitra Yudi
Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved