Mengeksplorasi Yogya Lewat Fotografi

Kegiatan yang menampilkan 35 hasil karya foto oleh seluruh mahasiswa Prodi Ilkom ini diambil di DIY dan Jawa Tengah.

Mengeksplorasi Yogya Lewat Fotografi
Dok pri
Dyah Astrid Arunani, Mahasiswi Unriyo 

FOTOGRAFI menjadi salah satu mata kuliah yang wajib dipelajari oleh mahasiswa-mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi. Fotografi juga bisa menjadi sarana penyampaian pesan lewat setiap foto yang dijadikan objek.

Misalnya, penyampaian pesan yang ditampilkan oleh mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) Angkatan 2014 lewat pameran fotografi "Djogja Koe", Rabu ( 6/1/2016), di lantai dasar Kampus 1 Universitas Respati Yogyakarta, Jalan Laksda Adisucipto km 6,3 Depok, Sleman, DIY.

Kegiatan yang menampilkan 35 hasil karya foto oleh seluruh mahasiswa Prodi Ilkom ini diambil di DIY dan Jawa Tengah. Pemilihan tema yang dipilih, antara lain Daily Life, Kuliner, Seni Budaya, dan Cagar Budaya.

Pameran fotografi ini diadakan selama dua hari, 6-7 Januari 2016. Sasaran pengunjungnya adalah seluruh mahasiswa Universitas Respati, dan dibuka untuk umum.

January Anastasia Christy, Ketua Panitia Pameran Fotografi, saat ditemui di tempat pameran menyampaikan bahwa pemilihan tema Djogja Koe berdasarkan kesepakatan dosen.

"Kita tahu kalau Yogyakarta nggak melulu gudeg, Malioboro, dan Borobudur, tetapi masih banyak hal yang bisa dieksplorasi dari Yogya. Konsepnya sendiri menggunakan bambu serta kardus sebagai media memamerkan hasil fotonya," katanya.

Selain untuk menampilkan hasil karya fotografi, pameran ini juga bertujuan untuk memenuhi persyaratan penilaian Ujian Akhir Semester (UAS) di pembelajaran semester ganjil tahun ajaran 2015/2016.

Dosen fotografi Universitas Respati Yogyakarta, Sri Nugroho, yang biasa disapa Mas Nuno, mengapresiasi pameran yang baru pertama kali dilakukan para mahasiswa-mahasiswi Angkatan 2014 tersebut.

Menurut dia, pameran ini bisa menjadi langkah awal untuk panggung bagi mereka unjuk gigi.

"Tema Djogja Koe sendiri tidak lepas dari kampus di bumi Yogya, baik dari kulinernya, building people, dan wisata saja namun banyak hal yang bisa diangkat di Yogyakarta. Semoga langkah awal ini bisa menjadi agenda rutin dan lebih banyak ide segar yang akan membuat pameran ini berkesinambungan dan variatif," katanya.

Adapun pameran fotografi ini bukan pertama kalinya diadakan oleh mahasiswa dari Prodi Ilkom Unriyo. Tahun 2012 diadakan oleh mahasiswa dengan tema "KAMPUNGKU" (Kampung Komunikasi Unriyo).

Tidak hanya galeri foto saja, namun dihadirkan pula angkringan gratis, stand up comedy, penampilan akustik, dan pameran alat-alat broadcasting.

Salah satu pengunjung pameran dari mahasiswa, Raqka, Prodi Ilkom Angkatan 2015, memuji pameran ini.

"Pamerannya keren. Tahun depan angkatan kami yang akan menyusul membuat pameran fotografi," katanya, kemudian tertawa. (*)

*Oleh: Dyah Astrid Arunani
Mahasiswi Unriyo

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved