Liburan Hore Ala Komunitas Smarter's MHTI

Agenda remaja bulanan yang digelar oleh Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia (MHTI) DPD II HTI Sleman ini bertajuk Manajemen Waktu ala Smart Muslimah.

Liburan Hore Ala Komunitas Smarter's MHTI
Ist
Agenda remaja bulanan yang digelar oleh Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia (MHTI) DPD II HTI Sleman ini bertajuk Manajemen Waktu ala Smart Muslimah.Sleman. Agenda remaja bulanan yang digelar oleh Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia (MHTI) DPD II HTI Sleman ini bertajuk Manajemen Waktu ala Smart Muslimah. 

TRIBUNJOGJA.COM - Puluhan remaja Muslimah terlihat ceria mengikuti rangkaian acara Liburan Hore Bersama Komunitas Smarter's MHTI, Sabtu (26/12/205), di Warung Inyong, Pogung Dalangan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman.

Agenda remaja bulanan yang digelar oleh Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia (MHTI) DPD II HTI Sleman ini bertajuk Manajemen Waktu ala Smart Muslimah.

Menurut Rini Novita, ketua panitia, selain untuk mengisi waktu liburan dengan kegiatan bermanfaat, acara ini bertujuan agar remaja mengetahui cara mengatur waktu dengan baik.

"Di tengah aktivitas sekolah dan seabreg kegiatan lain, serta gempuran media sosial, remaja harus bisa memanajemen waktunya sehingga aktivitasnya bernilai. Apalagi kecenderungan remaja saat ini, sangat lekat dengan gadget dan dunia hiburan," ujar Rini menegaskan.

Pada sesi tausiyah, Kak Anik, pemerhati remaja yang juga aktivis MHTI, menyampaikan bahwa dekatnya remaja dengan kehidupan hura-hura, bahkan sebagian terseret ke dalam pergaulan bebas, tawuran, dan narkoba, disebabkan adanya faktor dari dalam remaja dan pengaruh luar.

Faktor internal seperti kurangnya keimanan dan pemahaman pada diri si remaja, serta minimnya pendidikan dan kontrol dari orangtua.

"Lingkungan juga berperan dalam mempengaruhi cara pandang dan bersikap remaja. Di tengah arus globalisasi, remaja menghadapi serbuan virus 3F (food, fun, fashion, Red) dan gaya hidup Barat yang menjauhkan remaja Muslim dari ajaran Islam," kata Anik menjelaskan.

Anikpun memberikan tips manajemen waktu, antara lain, membuat skala prioritas aktivitas berdasarkan ahkamul khomsah : wajib, sunnah, mubah, makruh dan haram.

Kemudian, membiasakan membuat jadwal mingguan yang di dalamnya ada agenda untuk mengkaji Islam; banyak melakukan amalan sunah; menetapkan target-target yang ingin dicapai; dan menulis beberapa kebiasaan buruk untuk diubah menjadi baik.

Anik juga memotivasi remaja untuk terus berproses menguatkan jati dirinya sebagai hamba Allah yang taat pada perintah-Nya, dan senantiasa menjauhi larangan-Nya. (tribunjogja.com)


Puspita Satyawati SSos
Ketua Muslimah HTI DPD II HTI Sleman

Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved