Citizen Journalism

Tribun Memotivasi Saya Membuat Artikel

Untuk mendapatkan nilai A pada mata kuliah KBIT, para mahasiswa ditugasi untuk membuat sebuah artikel bebas untuk dimuat di media massa cetak.

Tribun Memotivasi Saya Membuat Artikel
dok.pri
Tito Baskoro 

Tito Baskoro
Mahasiswa PGSD UST Yogyakarta

TRIBUNJOGJA.COM - Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan hal yang tidak asing lagi di dunia pendidikan, termasuk Prodi Pendidikan Keguruan Sekolah Dasar (PGSD) di kampus kebangsaan yaitu perguruan tinggi swasta Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta.

Namun ada yang berbeda di UAS kami, khususnya dalam mata kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Tulis (KBIT).

Untuk mendapatkan nilai A pada mata kuliah KBIT, para mahasiswa ditugasi untuk membuat sebuah artikel bebas untuk dimuat di media massa cetak.

Awalnya, saya merasa tidak yakin akan bisa, dan kebingungan untuk membuat artikel yang menarik dan dapat termuat di media cetak. Tetapi saya selalu berusaha mencoba dengan apapun yang saya temui selalu saya catat untuk dijadikan bahan pembuat artikel.

Saya semakin tertantang setelah tulisan teman-teman saya banyak yang dimuat di koran. Adapun salah satu koran yang menjadi sasaran para mahasiswa PGSD UST adalah Tribun Jogja.

Beberapa artikel karya teman saya, yaitu Dini Noviana, Nindi Aryana, Restu Sulanjar, dan masih banyak lagi, sudah dimuat di koran Tribun Jogja. Namun banyak juga mahasiswa yang mengirimkan artikel, tetapi belum dimuat, termasuk saya.

Sudah beberapa kali saya mencoba membuat dan mengirim artikel ke koran Tribun Jogja. Salah satunya berjudul "Pasar Tradisional Jangan dilupakan".

Setelah saya mengirimkan artikel, setiap pagi saya membeli koran Tribun dengan harapan artikel saya dimuat, namun selama beberapa hari saya tidak melihat artikel saya ada di koran tersebut.

Tetapi hal itu tidak lantas membuat saya menyerah dan putus harapan. Saya justru semakin termotivasi untuk membuat tugas pengganti UAS ini dengan lebih bersemangat lagi.

Saya tidak malu untuk bertanya kepada teman-teman yang sudah berhasil membuat artikel yang dimuat Tribun Jogja.

Bagi saya, bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman merupakan pelajaran penting, meskipun orang itu sebaya atau bahkan lebih muda dari saya. Bila kita malu-malu, maka kita tidak akan pernah maju.

Dengan semangat saya, semoga teman-teman dapat termotivasi agar jangan menyerah walaupun di awal mengalami kegagalan tetapi tetap maju meraih apa yang kita mau.

Bukan sekadar harus memperoleh nilai A, tetapi dengan adanya tugas seperti ini kita juga dapat menuliskan atau mengungkapkan gagsan atau ide pikiran yang lebih menarik lagi untuk dapat dimuat media massa. (*)

Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved