TribunJogja/
Home »

Jawa

Warga Tidak Setuju Polsek Bandongan Masuk Polres Magelang Kota

Perluasan wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota yang mencakup Polsek Bandongan di Kabupaten Magelang menuai pro dan kontra.

Warga Tidak Setuju Polsek Bandongan Masuk Polres Magelang Kota
tribungjogja/agungismiyanto
Seorang anggota Polsek Bandongan, Kabupaten Magelang sedang berada di Mapolsek yang saat ini masuk wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota, Sabtu (5/12). Di sisi lain, warga khawatir nantinya Bandongan akan dicaplok wilayah Kota Magelang lama kelamaan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Perluasan wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota yang mencakup Polsek Bandongan di Kabupaten Magelang menuai pro dan kontra dari kalangan warga dan juga Pemerintah Kabupaten Magelang.

Di sisi lain, warga khawatir nantinya Bandongan akan dicaplok wilayah Kota Magelang lama kelamaan.

Ipang, salah satu warga Desa Wonolelo, Kecamatan Bandongan mengaku sempat khawatir jika Polsek Bandongan masuk dalam wilayah hukum Magelang'>Polres Magelang Kota.

Sebab, dia kurang setuju jika Polsek Bandongan yang semula masuk wilayah hukum Magelang'>Polres Magelang, kemudian masuk wilayah Magelang'>Polres Magelang Kota.

“Saya khawatir itu hanya taktik awal, kemudian nantinya diikuti oleh seluruh wilayah yang ada, termasuk nantinya membayar pajak PBB ke Kota Magelang,” ujarnya, kemarin (5/12/2015).

Ipang mengatakan, begitu nantinya semua pembayaran dan pengurusan administrasi ada di Kota Magelang, lama kelamaan wilayah Bandongan yang berbatasan dengan Kota Magelang akan dicaplok. “Makanya, warga kurang setuju,” jelasnya.

Kepala Desa Bandongan, Ahmad menjelaskan, pada awalnya warga menolak pengukuhan tersebut. Bahkan, sempat ada jajak pendapat terkait dengan hal itu.

Dia kaget ketika tiba-tiba tanpa melibatkan warga masyarakat ada pengukuhan Polsek Bandongan masuk Magelang'>Polres Magelang Kota.

“Dulu, memang tidak setuju, tapi kok tiba-tiba infonya telah dikukuhkan. Untuk jelasnya coba langsung tanya Pak Bupati,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Magelang AKBP Zain Dwi Nugroho mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi terkait penggabungan Polsek Bandongan kedalam komando Magelang'>Polres Magelang Kota.

Semuanya, katanya, merupakan perintah dari Kapolda Jateng, sekalipun Bupati Magelang menolaknya. “Hal ini sesuai dengan petunjuk dan perintah dari pimpinan," kata Zain.

Zain juga menjamin, penggabungan wilayah hukum tersebut, nantinya tidak akan berhubungan dengan wilayah administrasi. Termasuk juga tidak akan berpengaruh terhadap penentuan batas wilayah.

"Kemarin dalam acara penetapan hadir juga Ketua Pengadilan dan Kepala Kejaksaan karena mereka mendukung penambahan wilayah. Karena ini tidak ada kaitannya dengan wilayah administrasi," katanya. (tribunjogja.com)

Penulis: ais
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help