TribunJogja/
Home »

Jawa

Klaten Job Market Fair 2015 Tawarkan 9.785 Lowongan

Gelaran Klaten Job Market Fair kembali digelar selama dua hari, Selasa dan Rabu (29-30/9/2015), di Gedung Sunan Pandanaran.

Klaten Job Market Fair 2015 Tawarkan 9.785 Lowongan
tribunjogja/padhangpranoto
Penuh sesak, gelaran Klaten Job Market Fair 2015 dipenuhi oleh pencari kerja. Acara itu digelar selama dua hari Selasa dan Rabu (29-30/9). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Padhang Pranoto

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Gelaran Klaten Job Market Fair kembali digelar selama dua hari, Selasa dan Rabu (29-30/9/2015), di Gedung Sunan Pandanaran.

Kegiatan yang telah terselenggara untuk ketiga kalinya itu, menyediakan 9.785 lowongan dari 50 perusahaan yang ikut serta.

Widodo Kusnin Supriyanto, Kabid Tenaga Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Klaten menyebutkan, beberapa perusahaan yang ikut dalam ajang tersebut berasal dari eks karisidenan surakarta dan lokal Klaten. Selain itu, juga tersedia penempatan pekerja di luar Jawa.

"Pada intinya acara ini merupakan usaha untuk mempertemukan pengusaha dengan pencari kerja," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada tahun 2015 pihaknya menargetkan kunjungan pencari kerja sebanyak 2500 orang. Jumlah itu naik, dibanding tahun lalu yang hanya 2000 orang.

Staf fungsional Pengantar Kerja Dinsosnakertrans, Ratri Wiryani mengatakan, jumlah serapan pekerja pada momen job fair 2014 lalu cukup besar. Diselenggarakan selama dua hari, ada sekitar 700 lowongan terisi.

"Jumlah itu pada hari penyelenggaraannya saja, setelahnya ada ribuan pekerja lain yang diterima. Karena sistem job fair adalah menjembatani warga. Artinya meskipun gelaran bursa kerja ditutup, maka perusahaan akan menghubungi pencari kerja yang telah melamar sebelumnya, jika memenuhi kualifikasi pasti akan direkrut," ucapnya.

Dirinya mengatakan JMF 2015 merupakan puncak acara bursa kerja.

Sebelum diadakan di Gedung Sunan Pandanaran, Bidang Sosial telah menyelenggarakan tujuh kali Job fair mini, di Gazebo Kijang Kencana yang berada di depan kompleks kantor Dinsosnakertrans Klaten.

Pada ajang tersebut, perusahaan yang ikut serta sebagian besar adalah lokal Klaten.

"Kita kalau bisa memenuhi kebutuhan lokal dulu. Kalau ajang JMF 2015 ini perusahaanya berasal dari berbagai tempat, serapannya pun bisa sampai luar Kabupaten Klaten," tambah Ratri.

Seorang pencari kerja Rara menyebutkan menyebutkan baru datang untuk melihat-lihat adakah lowongan yang sesuai dengan jurusannya, di Ekonomi. Menurutnya, ajang bursa kerja seperti Job Market Fair Klaten cukup membantunya.

"Cukup membantu juga dalam saya mencari kerja. Walaupun sudah empat kali saya mendatangi acara seperti ini namun belum berhasil," ucap warga Cawas itu. (tribunjogja.com)

Tags
Job Fair
Penulis: pdg
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help