PT AMI Ingin Kelola Bersama Pihak Ketiga

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menunjuk PT Anindya Mitra Internasional (AMI) untuk menjadi operator bus Trans Jogja.

PT AMI Ingin Kelola Bersama Pihak Ketiga
TRIBUNJOGJA.COM | RYANTONO PS
Bus Trans Jogja yang dirusak oknum mahasiswa di Janti 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menunjuk PT Anindya Mitra Internasional (AMI) untuk menjadi operator bus Trans Jogja.

Salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut akan mulai mengelola pada tahun 2017.

Sementara pada tahun 2016 mendatang masih melibatkan PT Jogja Tugu Trans (PTT) selaku operator lama dengan alasan masih masa transisi, sedangkan tahun berikutnya kerjasams sudah putus.

Di tahun 2016 pula, PT AMI harus melakukan pengadaan bus baru dan melakukan perbaikan sejumlah armada.

Selama masa transisi, Trans Jogja akan tetap menggunakan 74 armada yang selama ini beroperasi. Meskipun diakui bahwa armada yang ada sudah saatnya rekondisi.

Karena 34 bus merupakan produk tahun 2008, dan 40 bus produksi tahun 2012.

Direktur PT AMI, Dyah Puspitasari mengatakan, pihaknya siap menerima tugas tersebut dari Pemda. Namun demikian, ke depan, bukan tidak mungkin PT AMI akan berupaya menjalin kembali kerjasama dengan pihak ketiga untuk menjadi operatornya.

“Mungkin ke depan bisa jadi seperti itu (kerjasama dengan pihak ketiga). Kalau sekarang belum tahu karena belum tahu modelnya. Yang jelas intinya semangat yang ada di pemerintah bagaimana kita mau meningktkn layanan publik,” katanya, Selasa (8/9/2015).

Menurutnya, BUMD memiliki banyak keuntungan, misalnya memiliki banyak peluang di antaranya bisa menggunakan anggaran dari pemerintah, bisa kerjasama dengan pihak bank, ataupun kerjasama dengan pihak lain.

“Karena kami ini PT, jadi kerjasama ini bisa,” ujarnya.

Halaman
123
Penulis: had
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved