Home »

DIY

» Bantul

Salat Ied 2015

Umat Islam di Gumuk Pasir Diminta Kendalikan Hawa Nafsu

Umat Islam harus tetap dapat mengendalikan hawa nafsunya kedepan, walaupun tidak lagi dalam suasana Lebaran.

Umat Islam di Gumuk Pasir Diminta Kendalikan Hawa Nafsu
tribunjogja/santo ari
Setidaknya 5000-an umat Islam melaksanakan Sholat Idul Fitri di Gumuk Pasir Parangkusumo, Dusun Mancingan, Parangtritis, Bantul, Jumat (17/7). Sejak pukul 06.00 pagi masyarakat baik warga seputaran Parangtritis maupun luar dari luar berbondong-bondong mengisi tempat yang sudah disiapkan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sebanyak 5000 lebih umat beragama Islam melaksanakan salat Idul Fitri di Gumuk Pasir Parangkusumo, Jumat (17/7/2015). Salat Idul Fitri yang berlangsung dari pukul 07.00 WIB berlangsung khidmat dengan balutan pemandangan alam yang indah.

Pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Muhammad Muqoddas, selaku khotib pada pagi itu menyampaikan dalam kotbahnya agar umat Islam harus tetap dapat mengendalikan hawa nafsunya kedepan, walaupun tidak lagi dalam suasana Lebaran.

Muhammad Muqoddas menyampaikan bahwa manusia tidak lepas dari nafsu, dan nafsu itu sendiri terbagi menjadi dua dimensi. Yakni nafsu kemalaikatan dan nafsu kebinatangan.

"Dimensi kemalaikatan mengarahkan kita ke kesucian jiwa, membuat manusia tetep pada kemanusiaannya," jelasnya.

Sedangkan dimensi kebinatangan, lanjutnya lagi, mengarahkan manusia ke arah negatif.

"Hal negatif seperti keserakah untuk mencari kekayaan serta rasa dendam. Dan jika tidak dikendalikan akan melebihi keserakahan binatang," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan agar masyarakat dapat saling memaafkan dan mengedepankan nafsu yang positif untuk berbuat baik bagi sesama.

"Semoga Allah menerima amal ibadah kita dalam menghadapi puasa sebulan lalu," tukasnya. (Tribunjogja.com)

Penulis: nto
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help