Serba Serbi Ramadan

Menilik Jejak Sejarah Islami di Masjid Pathok Negoro Ploso Kuning

Masjid Patok Negoro Ploso Kuning memiliki keistimewan tersendiri dibanding keempat masjid Pathok Negoro lainya.

Menilik Jejak Sejarah Islami di Masjid Pathok Negoro Ploso Kuning
Tribun Jogja/ Hamim Thohari

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Memiliki jejak sebagai kerajaan Islam yang memiliki sejarah panjang, dan saat ini keberadaanya masih eksis, Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat memiliki beberapa peninggalan bangunan bersejarah.

Contoh nyata bangunan bersejarah yang hingga saat ini masih terawat keberadaanya adalah empat masjid Pathok Negoro. Keempat masjid Pathok Negoro tersebut terletak di Mlangi, Ploso Kuning, Dongkelan, dan Babadan.

Masjid Pathok Negoro Ploso Kuning merupakan satu diantara empat masjid tersebut. Masjid Pathok Negoro Plosokuning berada di Jl Plosokuning Raya No. 99, Desa Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

masjid

Dijelaskan oleh Perabot Masjid Pathok Negoro Ploso Kuning, R Suprobo, Pathok Negoro memiliki arti sebagai batas negara, aturan negara taupun dasar hukum negara.

Masjid Patok Negoro Ploso Kuning memiliki keistimewan tersendiri dibanding keempat masjid Pathok Negoro lainya. Masjid ini telah berdiri sebelum berdirinya Keraton Yogyakarta.

“Masjid ini dulunya berada di sebelah selatannya dari bangunan masjid yang sekarang. Masjid ini lebih dulu ada daripada Keraton Yogyakarta. Keraton berdiri 1755 sedangkan masjid ini telah ada sejak 1724”, terang Suprobo.

masjid

Majid Pathok Negoro Ploso Kuning didirikan oleh Kyai Mursodo putra dari Kyai Nur Iman yang berasal dari daerah Mlangi. Kyai Nuriman merupakan saudara dari Sri Sultan Hamengkubuwono I.

Halaman
12
Tags
Masjid
Penulis: mim
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved