Home »

Sport

Indonesia Bisa Selenggarakan MotoGP, Asal

Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah ini sangat tergantung dengan kesiapan infrastruktur balap pendukung termasuk kesiapan sirkuit balap

Indonesia Bisa Selenggarakan MotoGP, Asal
Motogp.com

TRIBUNJOGJA.COM - Indonesia mendapat kepercayaan untuk menjadi salah satu calon penyelenggara MotoGP mulai musim 2017. Sebagai tahap awal, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta sudah menyiapkan kalender balapan MotoGP di Indonesia digelar selama lima musim dari 2017-2021.

Meski demikian, kepastian Indonesia menjadi tuan rumah ini sangat tergantung dengan kesiapan infrastruktur balap pendukung termasuk kesiapan sirkuit balap yang sesuai standar MotoGP.

Perwakilan dari Dorna Sports dan juga pemerintah Indonesia, serta pengelola Sirkuit Sentul telah menjajaki rencana menjadikan Sentul sebagai sirkuit balap MotoGP.

Ezpeleta bersama Managing Director Events Area, Javier Alonso telah berkunjung dan bertemu dengan perwakilan Indonesia pada Rabu (20/5/2015) lalu.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penggemar MotoGP terbanyak di dunia. Diharapkan, impian untuk jadi tuan rumah MotoGP bisa segera terwujud.

"Bagi kami, ini adalah kebahagiaan yang sangat besar bisa berada di sini. Indonesia telah dimasukkan dalam rencana kami sejak lama. Ini adalah negara besar dengan pertumbuhan penjualan motor yang tinggi. Ini adalah sebuah negara yang penting bagi kami," kata Ezpeleta saat jumpa pers seperti dilansir situs resmi MotoGP.

Dia juga mengungkapkan alasan mengapa Indonesia dipilih untuk menjadi calon tuan rumah pada 2017 hingga 2021.

"Alasan kenapa kami ke sini adalah karena pemerintan Indonesia tertarik untuk menyelenggarakan balapan MotoGP. Kami kemudian menjelaskan tentang persyaratan infrastruktur yang diperlukan yang layak, termasuk sirkuit yang memadai," katanya.

Bukan hanya balapan satu musim saja, Ezpeleta mengindikasikan Indonesia bisa menjadi tuan rumah balap MotoGP pada kalender balapan 2017 hingga 2012.

"Targetnya adalah Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP. Tapi, Indonesia bisa menyelenggarakan balapan jika mereka segera memenuhi beberapa persyaratan," katanya, menjelaskan.

Ezpeleta mengatakan, pihaknya telah menerima informasi lengkap dari pemerintah Indonesia terkait rencana penyelenggaraan balapan MotoGP ini. Dia telah menerima proposal dan juga telah menanyakan kondisi kesiapan sirkuit.

"Sirkuit Sentul perlu banyak perbaikan. Kami telah menyaksikan ada banyak sirkuit yang jadi tempat digelarnya balapan juga banyak melakukan perubahan. Apakah memungkinkan buat Indonesia untuk memperbaiki atau membangun sirkuit baru? Kami berharap pemerintah bisa memenuhi (persyaratannya) segera. Yang pasti, kami siap memberikan dukungan yang diperlukan untuk membuat penyelenggaraan balapan ini sukses," kata Ezpeleta. (*)

Tags
motogp
Editor: ton
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help