TribunJogja/

Ribuan Pencari Kerja Padati Job Fair di Grha Sabha Pramana UGM

Mereka mengantre di stan-stan yang dibuka oleh lebih dari 42 perusahaan.

Ribuan Pencari Kerja Padati Job Fair di Grha Sabha Pramana UGM
Tribun Jogja/ Septiandri Mandariana
Suasana Job Fair di Grha Sabha UGM, Rabu (13/5/2015) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Septiandri Mandariana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wajah-wajah muda bercucuran keringat di wajah terlihat di kompleks Grha Sabha Pramana UGM, Rabu (13/5/2015). Mereka seolah tak peduli pengapnya ruangan yang dipenuhi ribuan pencari kerja yang berada di tempat tersebut.

Mereka mengantre di stan-stan yang dibuka oleh lebih dari 42 perusahaan. Antrean panjang dan paling banyak tampak terjadi di sejumlah stan perusahaan perbankan.

Itulah sekelumit gambaran suasana yang terjadi pada saat acara Job Fair and Career Expo 2015, di Ghra Sabha Pramana, UGM, yang diselenggarakan pada 12-13 Mei 2015, pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Kebanyakan dari mereka mengantre di stan-stan perusahaan perbankan, diantaranya seperti stan Bank BRI dan Bank BNI.

Satu persatu dari mereka mengisi data diri di komputer yang telah disediakan oleh perusahaan. Kebanyak perusahaan yang membuka stan di sana, membuka pendaftaran lamaran kerja dengan sistem online.

"Jadi para pelamar bisa langsung mengisi data diri mereka, seperti nama, nomor ktp, lulusan mana, IPK dan lain-lain. Mereka tidak usah menyertakan cv dalam bentuk fisik," ujar Rahmania, Pelaksana Bank BRI Kanwil Yogyakarta, yang membuka stan pada acara Jobfair tersebut.

Antrean pelamar kerja pun terjadi di stan Bank BNI. Namun ada hal lain yang terjadi di sana, untuk lamaran diminta dalam bentuk fisik.

"Sebanyak 398 CV fisik telah kami terima pada hari kemarin (Selasa, 12 Mei 2015), dan antusias mereka sangat besar untuk mendapatkan pekerjaan," ujar Arif Widodo, Supervisor Pemasaran BNI Cabang Utama UGM.

Di stan Bank BRI sendiri, pada hari sebelumnya, sebanyak 1.000 orang mengisi data pelamar di stan mereka dengan cara online.

Halaman
12
Penulis: abm
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help