Bantu UKM, XL Luncurkan Program Komputasi Usahawan 1.0

Program ini dirancang khusus untuk dimanfaatkan kalangan pengusaha kecil

Bantu UKM, XL Luncurkan Program Komputasi Usahawan 1.0
IST
Perdana XL Android 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perkembangan sektor usaha kecil dan mikro (UKM) di Yogyakarta turut menjadi perhatian bagi PT XL Axiata Tbk (XL). Hal itu dikutikan dengan diluncurkannya program komputasi awan (cloud) bertajuk Usahawan 1.0 oleh perusahaan telekomunikasi tersebut di Yogyakarta, Senin (23/3/2015).

Program ini dirancang khusus untuk dimanfaatkan kalangan pengusaha kecil, terutama UKM untuk mengembangkan usahanya. Pemasaran produk yang dihasilkan bisa lebih efektif melalui sarana digital tersebut serta penyimpanan data yang lebih secure (aman).

Direktur Layanan Digital XL, Yessy D Yosetya mengatakan, peluncuran program itu menjadi komitmen perusahaan untuk turut mendukung program pemerintah dalam mengembangkan UKM. Melalui layanan data yang dimilikinya, XL ingin mengenalkan manfaat luas mobile internet kepada masyarakat. Apalagi, sebutnya, keberadaan UKM turut menjadi salah satu pilar bagi perekonomian daerah di Yogyakarta.

Demikian juga di daerah lain, keberadaan UKM telah menjadi pendorong pergerakan perekonomian masyarakat. “Hanya saja, saat ini diperkirakan hanya 30 persen dari 56,5 juta UKM di seluruh Indonesia yang sudah memiliki pengetahuan tentang teknologi informasi. Padahal, sarana digital bisa digunakan untuk pemasaran produk yang lebih efektif,” kata Yessy saat saat grand launching Usahawan 1.0 di UC UGM Yogyakarta, Senin (23/3/2015).

Program Usahawan 1.0 memungkinkan para pelaku usaha memiliki web yang terintegrasi ke sistem internet dan reservasi web dunia. Fitur yang disertakan cukup lengkap dan mudah digunakan. Fasilitas web dapat langsung dikonversikan menjadi media e-commerce ataupun sebagai forum blog. Tersedia juga fasilitas email dan penyimpanan data. Paket data yang ditawarkan di antaranya paket POS yang bermanfaat untuk pengelolaan keuangan UKM bertarif Rp 50 ribu per bulan.

Secara strategi, XL disebutnya ingin menjadi leader dalam dunia mobile internet. Maka itu, program komputasi tersebut pun diluncurkan untuk menjaring customer. Visi utamanya adalah mendigitalisasi masyarakat dan internet sebagai sarana profuktifitas dan efisiensi bagi pemasaran produk usaha. Selama ini, layanan data lebih banyak digunakan masyarakat untuk mengakses media sosial saja.

“Dari sektor UKM, yang punya akses ke internet bisa dibilang masih sangat sedikit. Kami ingin menjembatani dengan program ini untuk kemudahan menaruh produk mereka di internet. Sehinggam produk dari UKM bisa terekspose dengan cakupan wilayah lebih luas lagi,” tukas Yessy. (*)

Penulis: ing
Editor: hdy
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved