TribunJogja/

Pascasarjana FTI UII Yogya Bagi Pengalaman Mengamankan Data

Maraknya peretasan data online oleh para hacker, membuat pascasarjana Fakultas Teknologi Industri UII Yogyakarta merasa perlu berbagi pengalaman

Pascasarjana FTI UII Yogya Bagi Pengalaman Mengamankan Data
SHUTTERSTOCK
ilustrasi

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pristiqa Ayun W

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Maraknya kasus peretasan data secara online oleh para hacker, membuat pascasarjana Fakultas Teknologi Industri UII Yogyakarta merasa perlu berbagi pengalaman untuk mengamankan data baik secara online maupun offline.

Hamid selaku Investigator Pusat Studi Forensika Digital UII Yogyakarta memberikan beberapa tips bagi pengguna gadget yang awam agar datanya tidak disusupi hacker. Ia menjelaskan untuk menggunakan PC atau laptop, minimal yang harus dimiliki adalah antivirus.

"Lebih baik lagi jika PC atau laptop yang masih baru, langsung diinstal antivirus. Antivirus yang diinstal pun minimal ada dua, yaitu antivirus lokal dan dari luar," jelas Hamid saat ditemui di kantornya, Kamis (22/1/2015).

Menurutnya, sangat penting untuk memiliki dua antivirus. Sebab terkadang virus dari luar negeri tidak bisa terbaca oleh antivirus lokal, begitu juga sebaliknya.

"Pengguna PC dan laptop juga sebaiknya menginstal antivirus yang asli. Sebenarnya dari segi harga pun terjangkau, hanya sekitar Rp100 ribu setahun. Jadi lebih baik membayar ketimbang kehilangan data penting," jelas Hamid.

Dalam mendownload file di internet, kata Hamid, pengguna harus cermat dan teliti. Ketika mendownload file lalu antivirus mengeluarkan semacam peringatan, maka peringatan tersebut tidak boleh diabaikan. (tribunjogja.com)

Tags
Hacker
Penulis: tiq
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help