Patung Firaun Kembali Didirikan

Patung raksasa Firaun kembali berdiri setelah roboh karena gempa bumi di Luxor, Mesir sekitar 3.200 tahun lalu

Patung Firaun Kembali Didirikan
BBC
Patung raksasa Firaun kembali berdiri setelah roboh karena gempa bumi di Luxor, Mesir sekitar 3.200 tahun lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, LUXOR - Patung raksasa Firaun kembali berdiri setelah roboh karena gempa bumi di Luxor, Mesir sekitar 3.200 tahun lalu.

Dilaporkan wartawan BBC, Alan Johnson, upacara itu menandai berakhirnya proyek restorasi oleh tim arkeolog mengungkap patung Amenhotep lll pada Minggu (14/12).

Patung dengan tinggi 13 meter ini berdiri di pintu gerbang sebuah kuil pemakaman di pinggir Sungai Nil, Luxor. Di samping patung Amenhotep lll, berdiri patung raksasa yang sama dengan patung pertama. Itulah patung Firaun yang direstorasi awal tahun ini.

Kedua patung memakai simbol mahkota putih Mesir Hulu. Menurut para arkeolog, Firaun Amenhotep III mewarisi kerajaan yang membentang dari Efrat hingga Sudan.

Gempa dahsyat membuat kedua patung roboh dan mengalami kerusakan berat. Kondisi tersebut dibiarkan selama berabad-abad hingga diadakan proyek restorasi.

Di antara yang direstorasi adalah 89 bagian besar dan sejumlah pecahan kecil. Tahun lalu tim arkeolog berhasil mengungkap makam kuno berusia lebih dari 3.000 tahun di kota Luxor. (BBC)

Tags
Firaun
Penulis: mon
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved