Anggota TNI Klaten Dilatih Buat Biopori

Tujuan dari pelatihan tersebut ialah untuk membekali anggota dengan keterampilan membuat biopori atau lubang resapan air

Anggota TNI Klaten Dilatih Buat Biopori
Tribun Jogja/Obed Doni
Sekitar 52 personil TNI dari 26 kecamatan yang ada di Klaten mengikuti pelatihan pembuatan biopori. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Obed Doni Ardiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Sekitar 52 personil TNI dari 26 kecamatan yang ada di Klaten mengikuti pelatihan pembuatan biopori. Pelatiham dilakukan di asrama Kodim 0723/Klaten yang berada di Desa Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, pada Kamis (7/8/2014) pagi.

Dandim 0723 Klaten Letkol Thomas Heru Rinawan, menjelaskan tujuan dari pelatihan tersebut ialah untuk membekali anggota dengan keterampilan membuat biopori atau lubang resapan air. Sejumlah wilayah di Kabupaten Klaten yang sering mengalami musim kemarau, maka diperlukan lubang resapan air sebagai antisipasi.

“Dengan pelatihan ini, kita nanti akan membantu masyarakat untuk membuat biopori. Target kami pada September nanti bisa membuat 150 ribu buah lubang biopori di seluruh Klaten. Sehingga pada saat musim penghujan air dapat masuk dan terserap di dalamnya,” urainya, di Klaten, Kamis (7/8/2014).

Untuk mencapai target tersebut, dia mengambil dua personel dari setiap koramil yang ada di Klaten. Dua personel tersebut kemudian akan mengajari personel lainnya yang ada di koramil. “Lalu mereka akan mengajari masyarakat di sekitarnya,” pungkasnya.

Dengan dua bor mesin dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Klaten tersebut mereka bergantian mengebor tanah di halaman asrama itu. Lubang-lubang yang telah dibuat kemudian dimasukkan sampah organik, seperti daun-daun kering.

Setelah sampah organik dimasukan hingga tidak sampai penuh, kemudian di atasnya dibapasng kawat strimin. Jaring kawat itu berfungsi untuk mencegah anak-anak atau hewan terjebak di dalamnya. (Tribunjogja.com)

Tags
TNI
Penulis: oda
Editor: dik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved