Kristin Terkejut dengan Keindahan Gua Pindul

Setelah menyelesaikan tugasnya menilai kawasan geopark di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dan Wonogiri, Jawa Tengah, asesor dari Unesco

Kristin Terkejut dengan Keindahan Gua Pindul
TRIBUNJOGJA.COM/AGUNG ISMIYANTO
Gua Pindul Gunungkidul

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hari Susmayanti 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Setelah menyelesaikan tugasnya menilai kawasan geopark di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dan Wonogiri, Jawa Tengah, asesor dari Unesco, Prof Kristin Rangnes akhirnya menilai kawasan geopark yang ada di Gunungkidul.

Empat kawasan geopark andalan di Gunungkidul, Gunung Api Purba Nglanggeran, Gua Pindul, Pantai Siung dan desa wisata Bobung akan cek langsung oleh asesor yang berasal dari Nowegia tersebut. Penilaian pertama dilaksanakan di Gua Pindul yang berada di Desa Bejiharjo, Karangmojo.

Selama di Pindul, Kristin menyempatkan diri untuk melihat langsung keindahaan yang ada di dalam gua. Bahkan saat berada di dalam gua, dia sempat terkagum-kagum dengan air sungai yang sangat jernih serta keindahaan dinding gua.

Usai menyusuri gua, Kristin melanjutkan penilaian dengan berkeliling ke sekitar perkampungan yang ada di Dusun Gelaran. Bahkan, saat dijelaskan oleh pengelola kalau keberadaan Goa Pindul sudah meningkatkan kesejahteraan warga, asesor Unesco tersebut menilai kalau obyek wisata Gua Pindul benar-benar luar biasa.

Selesai berkeliling perkampungan, Kristin kemudian menyempatkan diri untuk mencicipi makanan khas desa Bejiharjo, legondo. Makanan khas ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan janur atau daun kelapa muda. Rasanya gurih karena dicampur dengan parutan kepala.

Kristin menilai keanekaragaman batuan kawasan karst yang ada di Gunungkidul lebih bervariatif dibandingkan dengan kawasan Gunungsewu lainnya yang berada di Pacitan dan Wonogiri. Hal tersebut tidak lepas dari posisi Gunungkidul yang berada di jalur tektonik aktif. “Kondisi ini berbeda dengan daerah lain. Unsur bebatuannya lebih beragam,”katanya usai melakukan penilaian di kawasan geopark di komplek Gua Pindul, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Senin (7/7/2014).

Setelah merampungkan tugasnya di Desa Bejiharjo, Kristin kemudian melanjutkan penilaiannya ke kawasan Geopark yang ada di Pantai Siung, Desa Purwodadi, Tepus. Selanjutnya, dari Pantai Siung, rombongan akan melanjutkan penilaian ke kawasan Gunung api Purba Nglanggeran dan Desa Wisata Bobung.

Ketua Pokdarwis Dewa Bejo, Subagyo mengaku selama menilai di kawasan wisata Gua Pindul, Kristin sangat terkesan dengan perkembangan wisata. Keberadaan Gua Pindul memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tadi beliau (Kristin) sangat terkesan saat diajak berkeliling. Beliau kagum Gua Pindul bisa menumbuhkan banyak home stay,” ucapnya.(has)

Penulis: has
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help