• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Jogja

Suhu Udara di AS Minus 50 Derajat Celsius

Minggu, 5 Januari 2014 16:08 WIB
Suhu Udara di AS Minus 50 Derajat Celsius
AP
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, WASHINGTON - Suhu udara yang sangat dingin diprediksi terjadi di sebagian Amerika Serikat (AS) khususnya di pantai timur akibat dampak badai salju akhir pekan ini. Bahkan, suhu udara tembus minus 50 derajat celsius.

Suhu udara di Montana dan South Dakota, Sabtu (4/12/2013), turun lebih dari 20 derajat di bawah nol celsius, sementara sebagian besar daerah Midwest berada dalam suhu belasan derajat atau bahkan satu digit.

Petugas-petugas urusan cuaca juga mengatakan, angin dingin bisa membuat suhu di Minnesota terasa 50 derajat di bawah nol.

Negara bagian Texas hingga Ohio dan Tennessee diperkirakan akan diselimuti es hingga akhir pekan.

Sementara itu, pejabat negara bagian Virginia telah memperingatkan warga tentang kemungkinan badai es pada hari Minggu, yang dapat menyebabkan pemadaman listrik dan gangguan di jalan raya.

Di California, sedikitnya empat orang meninggal karena kedinginan di daerah San Fransisco Bay, dan sekitar enam orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas terkait cuaca di beberapa negara bagian.

Lebih dari 100 ribu warga di Dallas, tujuh ribu warga di Oklahoma, dan puluhan ribu warga di beberapa negara bagian lainnya, hari Sabtu tidak teraliri listrik.

Sekitar 400 penerbangan dari bandara internasional Forth Worth di Dallas dibatalkan Sabtu pagi, dan sekitar 3.300 penumpang terpaksa bermalam di bandara.

Jalan-jalan utama di Interstate 35 Dallas Utara terpaksa ditutup selama beberapa jam karena tertutup es, sementara traktor-traktor mengalami kesulitan mendaki bukit dan sejumlah kendaraan macet di jalan-jalan.

Hujan sangat dingin dan kondisi licin terjadi di Memphis – Nashville dan daerah-daerah lain di Tennessee Sabtu malam, sebelum badai itu tiba di timur laut.

Juru bicara badan urusan darurat di Virginia Laura Southard mengatakan, badai ini berpotensi menjadi badai es paling besar.

Cuaca dingin ini memaksa pembatalan acara, termasuk Dallas Marathon hari Sabtu yang tadinya diperkirakan akan diikuti oleh 25 ribu pelari. Juga St. Jude Marathon di Memphis yang sedianya diikuti oleh 20.000 pelari.

Namun, pertandingan futbol antara Central Florida dan Southern Methodish di Dallas yang diselimuti es tetap berlangsung, tetapi tidak banyak penonton. (*)

Editor: dik
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
460944 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas