TribunJogja/

Tahun Baru 2014

48 Orang Jatuh Pingsan di Pergantian Malam Tahun Baru

Hingga lewat tengah malam, kepadatan manusia belum banyak berkurang

48 Orang Jatuh Pingsan di Pergantian Malam Tahun Baru
tribunnews.com
Pesta kembang api di pergantian malam tahun baru 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Bundaran Hotel Indonesia, di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, penuh disesaki manusia menjelang malam pergantian tahun, Selasa (31/12/2013). Hingga lewat tengah malam, kepadatan manusia belum banyak berkurang.

Di tengah segala kegembiraan dan kemeriahan tersebut, situasi yang sesak dan gegap gempita juga membuat beberapa warga jatuh pingsan. Jumlahnya pun tak hanya satu dua tapi puluhan.

"Kebanyakan karena kekurangan oksigen," kata Titi, dokter yang berjaga di pos kesehatan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Rabu (1/1/2014) pagi.

Data dari pos itu menyebutkan selama hajatan Jakarta Night Festival yang digelar pada malam pergantian tahun ini, 48 orang pingsan. Dari jumlah itu, 40 orang pingsan karena terjebak pengap dalam keramaian, alias kekurangan oksigen.

Titi mengatakan sebagian besar warga yang jatuh pingsan karena kekurangan oksigen adalah para perempuan dewasa. Sementara 8 warga lain, imbuh dia, pingsan karena memang punya penyakit seperti tekanan darah tinggi.

Selama kegiatan pesta rakyat semalam, disiapkan 15 posko kesehatan di sepanjang ruas Sudirman-Thamrin yang menjadi lokasi kegiatan. Dua rumah sakit lapangan juga didirikan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

Kepadatan di area Jakarta Night Festival memang luar biasa. Ribuan manusia berjejalan di sana sepanjang malam. Selewat tengah malam, mereka juga tak bisa segera beranjak karena masih berlaku penutupan jalan. Tumpah-ruahnya pesta rakyat.(*)

Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help