Eksklusif Penelusuran Makam Pilot Dakota

Satu Meter di Bawah Tanah, Ada Pondasi Datar Diduga Makam

Menurutnya, pihak kedubes saat itu datang membawa buku berisi dokumen foto pemakaman ketiga pejuang itu

Satu Meter di Bawah Tanah, Ada Pondasi Datar Diduga Makam
Net
Alexander Noel Constantine

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Meski Sumadi telah berhasil menemukan sejumlah dokumentasi foto dan buku lawas daftar pemakaman, namun permasalahannya, dia saat itu tidak dapat menemukan lokasi tepat penguburan Alexander Noel Constantine. Titik terang muncul ketika 2005 pihak Kedubes Australia mengirimkan perwakilannya menemui Sumadi.

Menurutnya, pihak kedubes saat itu datang membawa buku berisi dokumen foto pemakaman ketiga pejuang itu.

"Berdasarkan foto itu jelas lokasinya di sini. Suasananya ada kerumunan pelayat menghadap ke utara, peti mati di sisi barat, dan kereta pembawa jenazah di timur. Saat itu dinding kantor jaga ini masih rendah belum ada jendela," ujar Sumadi di ruang kantor jaga TPU tersebut.

Beberapa hari kemudian, Sumadi melaporkan perkiraan lokasi kuburan itu ke Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Yogyakarta. Kabar temuan itu juga direspon pihak TNI AU.

Berdasarkan dokumen dan catatan buku usang daftar pemakaman, Sumadi mencoba memetakannya. Buku tua bersampul cokelat sederhana itu berisi tulisan tangan miring nan rapi mencatat nama para penghuni makam sejak zaman dahulu.

Nama Alexander Noel Constantine, istrinya, serta Roy Hazlehurst tercatat sebagai penghuni Blok QQ 1/2. Dia pun mengurutkan berdasarkan catatan itu dipadukan dengan foto dokumentasi pemakaman yang dibawa Kedubes Australia.

"Saya tahu bahwa Blok QQ sekarang adalah lokasi yang dinamai Blok E," kata Sumadi. Menurutnya, nama blok QQ berubah menjadi blok E sejak sebagian kompleks makam dimanfaatkan sebagai Pura Wisata.

Petunjuk yang ditemukannya mengarah pada lokasi di sisi kanan pintu gerbang masuk TPU. Lokasinya tepat di depan kamar mandi/WC TPU. Hal itu berdasarkan urutan daftar nama dalam catatan buku tua tersebut. Hanya, saat diamatinya ternyata titik lokasi itu tidak terlihat seperti makam dengan nisannya.

Sumadi akhirnya mencoba mencangkul tanah di sekitar situ. Tak terduga, semeter di bawah tanah itu terdapat pondasi datar. Diduga pondasi keras itu merupakan liang kubur Alexander Noel Constantine, istrinya, serta Roy Hazlehurst.

Pantauan Tribun Jogja, petak tanah tersebut terletak di sisi utara, dekat dengan pintu masuk TPU berluas sekitar 1,4 hektare itu. Satu petak berukuran sekitar 1,5 x 2 meter, sedangkan satu lagi belum dapat diketahui ukurannya karena masih tertimbun tanah cukup tinggi.

""Saya kenal tempat ini sejak lama. Mereka (dari Kedubes Australia) menunjukkan foto saat pemakaman dan beberapa data. Dari situ saya bisa tahu persis di mana makam yang dimaksud," katanya. (Ose)

Penulis: ose
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved