Eksklusif Penelusuran Makam Pilot Dakota

Misteri Mulai Tersibak dari Buku Tua Daftar Pemakaman

Nama penjuang asing Constantine beserta istrinya (Ny Constantine) dan Roy Hazlehurst ditemukan dalam sebuah buku tua

Misteri Mulai Tersibak dari Buku Tua Daftar Pemakaman
Net
Alexander Noel Constantine

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sepetak makam di salah satu sudut kompleks Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasanalaya, Jl Ireda 4, Yogyakarta, diduga merupakan lokasi penguburan pejuang asing, yaitu Alexander Noel Constantine dan Roy Hazlehurst. Keduanya merupakan pilot dan ko-pilot pesawat Dakota VT-CLA yang ditumpangi tiga pahlawan nasional, yakni Komodor Muda Udara (Kolonel) Adisutjipto, Komodor Muda Udara Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara I (Lettu) Adisumarmo..

Constantine asal Australia beserta istrinya dan Hazlehurst asal Inggris juga menjadi korban tewas. Namun, selama berpuluh-puluh tahun sejak peristiwa itu, kedua pejuang asing yang membantu Indonesia mengirim obat-obatan tersebut tidak ditemukan jejak pemakamannya.

Dikabarkan, kedutaan besar (kedubes) negara asalnya lama mencari namun tidak menemukannya. Demikian juga ahli waris Constantine mencari sampai ke Indonesia. Berawal dari pencairan itulah, belum lama ini juru kunci makam Sasanalaya, Sumadi (61), menemukan sepetak makam yang diduga merupakan lokasi penguburan Alexander Noel Constantine serta istrinya dan Roy Hazlehurst.

Belum ada pihak yang dapat memastikan kebenaran temuan makam tersebut. Namun, berdasarkan beberapa petunjuk dokumentasi foto pemakaman dan catatan buku administrasi lawas di TPU Sasanalaya Jl Ireda, sepetak makam itu diduga lokasi liang kubur ketiga pejuang asing tersebut.

Sumadi ketika ditemui Tribun Jogja pada dua hari terakhir pun menyempatkan waktu berbagi cerita mengenai penemuannya itu. Sumadi merupakan juru kunci makam yang bertugas sejak 2002. Setahun pertama, pria berbadan tinggi tersebut kerap menghabiskan waktunya di kompleks makam.

Pada 2003, dia mendapat kabar dari seorang mantan juru kunci makam, Giyono, bahwa Kedubes Australia mencari makam pahlawannya, yakni Constantine dan istrinya.

Informasi pencarian itu sampai ke Pemerintah Kota Yogyakarta namun belum membuahkan hasil. Tak berapa lama, pihak kedubes kembali melanjutkan pencarian ke Monumen Perjuangan TNI AU di Jatiarang, Tamanan, Banguntapan, Bantul DIY (wilayah Ngoto). Di monumen tempat pemakaman pahlawan Adisutjipto itu, pihak kedubes mendapat informasi berdasarkan catatan dan dokumentasi.

"Dari pihak monumen, kami juga mendapat beberapa pertanyaan keberadaan buku tua daftar pemakaman. Saya mencarinya dan baru menemukannya di lemari paling bawah pada 2003," ujar Sumadi, Rabu (25/9/2013).

Sumadi membuka-buka buku tersebut sampai kelelahan. Namun, dia akhirnya menemukan nama penjuang asing Constantine beserta istrinya (Ny Constantine) dan Roy Hazlehurst dalam buku berumur puluhan tahun itu. Artinya, dugaan bahwa ketiganya dimakamkan di TPU tersebut semakin kuat. (Ose)

Penulis: ose
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved