• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Jogja

Detik-Detik Mengerikan Kecelakaan Kereta di Spanyol Terekam CCTV

Kamis, 25 Juli 2013 22:57 WIB
Detik-Detik Mengerikan Kecelakaan Kereta di Spanyol Terekam CCTV
Dailymail
Detik-detik menegangkan ketika sebuah kereta api penumpang mengalami kecelakaan wilayah Barat Laut Spanyol pada Rabu (24/7/2013) 
TRIBUNJOGJA.COM, SPANYOL - Sebuah kamera pengintai keamanan berhasil mengabadikan momen-momen kecelakaan yang terjadi pada rangkaian kereta api penumpang di wilayah Barat Laut Spanyol pada Rabu (24/7/2013). Dalam video menegangkan yang berdurasi sekitar 14 detik tersebut, tampak jelas ketika rangkaian kereta api mulai keluar dari rel hingga kemudian menabrak dinding samping hingga menewaskan 80 orang penumpang. Kamera ini terus merekam hingga akhirnya lokomotif kereta nahas itu menabrak kamera tersebut.

Perusahaan Kereta Api Spanyol, Renfe dalam pernyataannya mengatakan kecelakaan terjadi di sebuah tikungan beberapa kilometer dari stasiun kereta api Santiago de Compostela. Saat itu, kereta api mengangkut 218 penumpang, dan tengah dalam perjalanan dari Madrid ke kota Ferol ketika mengalami kecelakaan pada pukul 20.41 waktu setempat.

Sebagai dilansir Dailymail, Kamis (25/7/2013), kecelakaan ini disebut-sebut sebagai peristiwa kecelakaan kereta terparah setelah kecelakaan kereta di sebuah terowongan di Provinsi Leon pada tahun 1944 silam. Kala itu, pemerintahan setempat berusaha menutupi jumlah korban yang sebenarnya. Diberitakan bahwa ada 78 orang meninggal, namun muncul dugaan kuat bahwa korban meninggal mencapai 250 orang.

Selain itu, di tahun 1972, terjadi tabrakan kereta penumpang di Seville yang menyebabkan 77 orang tewas dan ratusan penumpang terluka.

Madrid juga pernah mengalami musibah pengeboman kereta api pada Maret 2004 hingga menyebabkan 191 orang tewas. Namun peristiwa ini tidak termasuk dalam kecelakaan kereta api.

Kecelakaan yang paling baru, terjadi dua pekan kemudian ketika enam orang tewas dalam sebuah kecelakaan kereta di wilayah Selatan Paris.

Kecelakaan kereta lainnya terjadi di Buizingen, Belgia pada Februari 2010 lalu, menewaskan 18 orang penumpang. Pada bulan September 2006 kecelakaan kereta terjadi di Area Emsland, Jerman hingga menewaskan 23 orang penumpang. Serta di bulan Januari 2006, 46 orang tewas dalam kecelakaan kereta api di Montenegro.(*)

Penulis: mon
Editor: mon
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas