• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

Berikut Kendala Produksi Mobil Esemka

Senin, 3 Juni 2013 18:16 WIB
Berikut Kendala Produksi Mobil Esemka
TRIBUNJOGJA.COM/IKROB DIDIK IRAWAN
Siswa SMK sedang merakit Mobil Esemka.
TRIBUNJOGJA.COM, SOLO — PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK), produsen mobil Esemka, masih belum bisa mewujudkan pengadaan mobil yang telah melambungkan nama Jokowi tersebut. Hal itu karena belum adanya legalitas pengadaan barang dan jasa di pemerintahan.

Sesuai dengan aturan yang berlaku, pengadaan barang dan jasa pemerintahan di atas harga Rp 100 juta harus melalui proses lelang. Hal ini, menurut Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, sebagai ganjalan bagi PT SMK.

"Saat ini masalahnya pada regulasi untuk mengatur proses lelang kendaraan dinas Esemka. Apakah boleh pengadaannya tidak harus melalui proses lelang. Saya juga masih memikirkannya," kata Rudi kepada wartawan, Senin (3/6/2013).

Harga mobil Esemka jenis SUV Rajawali sekitar Rp 150 juta hingga Rp 170 juta, dan jenis Esemka Bima adalah Rp 90 juta. "Seandainya ada niat baik dari pemerintah untuk memajukan karya anak dalam negeri, khususnya Esemka, maka permasalahan pengadaan mobil Esemka menjadi kendaraan dinas tidak ada masalah. Namun, demikian, seandainya regulasinya seperti itu yang kita bisa berbuat apa?" kata Rudy.

Rudy juga menyampaikan apabila pengadaan mobil Esemka tanpa melalui lelang terbuka, maka salah satu keuntungannya adalah banyak instansi pemerintah yang menggunakan mobil tersebut dan citra bangsa akan terangkat karena bisa memproduksi mobil sendiri.

Sementara itu, Rudy menjelaskan bahwa rencana Pemerintah Kota Solo untuk menggunakan mobil tersebut masih cukup tinggi. Rencananya, Pemerintah Kota Solo akan menggunakan lima mobil Esemka. Rinciannya, 2 mobil akan digunakan untuk dinas wali kota dan wakil wali kota, 2 mobil Esemka pikap untuk sambang jalan, dan 1 mobil untuk DPRD. (*)
Editor: wid
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
319494 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas