• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Jogja

Penyelesaian Interior Perpusda Ditunda Hingga 2014

Kamis, 23 Mei 2013 08:38 WIB
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pembangunan gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Jalan Gedong Kuning Banguntapan Bantul dipastikan tak selesai tahun ini. Sebab anggaran untuk penyempurnaan interior dan lanskap ditunda penggunaannya sampai tahun 2014.


DPRD DIY telah mengalokasikan anggaran Rp 20,6 miliar untuk interior dan lanskap pada APBD murni 2013. Namun pelaksanaannya urung dilakukan lantaran Pemda DIY harus menyelesaikan perhitungan sisa proyek pembangunan gedung yang tak terselesaikan PT Ampuh Sejahtera sebagai pelaksana.


Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY, Budi Wibowo menyebutkan, pihaknya akan membentuk tim independen untuk menghitung berapa persen pekerjaan yang diselesaikan PT Ampuh. Hasilnya digunakan sebagai dasar pembayaran pelaksanaan proyek yang sudah dirampungkan. Sedangkan sisanya digunakan untuk menyelesaikan pembangunan fisik luar gedung.


"Tim independen terdiri dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan perguruan tinggi. Menurut kami gedung baru diselesaikan 84 perse, tapi PT Ampuh menyatakan telah merampungkan 99 persen," kata Budi, Rabu (22/5).


Perhitungan dari tim independen ini lah yang menyebabkan pengerjaan interior dan landskap ditunda. Pasalnya, proses perhitungan akan memakan waktu yang kemungkinan besar baru selesai pertengahan tahun sehingga tidak memungkinkan menyelesaikan penyempurnaan gedung di sisa tahun anggaran 2013.


Perbedaan klaim penyelesaian proyek antara pelaksana dan pemerintah, lanjut Budi, karena ada masa perpanjangan proses pembangunan. Seharusnya kontrak pelaksana selesai pada 26 Desember 2012, namun kemudian diperpanjang sampai 15 Januari 2013. "Itu juga tidak mampu menyelesaikan pekerjaan," imbuhnya.(*)
Penulis: hdy
Editor: evn
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas