Minggu, 24 Mei 2015

Pesawat Bertenaga Surya Terbang Perdana di AS

Minggu, 5 Mei 2013 16:57

Pesawat itu mencapai Phoenix dengan penerbangan berkecepatan rendah pada leg pertama dari rencana untuk melintasi AS hanya menggunakan tenaga matahari, demikian laporan Reuters.

Solar Impulse rencananya akan menyelesaikan penerbangan pertama melintasi AS dalam lima leg dan dijadwalkan singgah di Dallas, St Louis, Washington dan pemberhentian terakhir di New York.

Pesawat berbadan ramping itu berdengung ketika lepas landas dari bandara sipil-militer di dekat San Fransisco, Moffett Field, Jumat (3/5/2013) pagi, dan mendarat dalam gelap dini hari di Sky Harbor International Airport di Phoenix menurut laman Solar Impulse.

Para awak pesawat tersebut merencanakan jeda di setiap pemberhentian untuk menunggu cuaca membaik. Pesawat diharapkan tiba di John F. Kennedy International Airport, New York, dalam sekitar dua bulan.

Pilot asal Swiss Bertrand Piccard, salah satu pengusung proyek itu, dan Andre Borschberg akan bergiliran menerbangkan pesawat dengan satu kursi kokpit itu. Pada penerbangan pertama ke Arizona, Piccard yang memegang kendali.

Pesawat yang dibuat dari serat karbon ringan itu memiliki lebar sayap seukuran sayap jet jumbo dan bobotnya hampir sama dengan bobot sebuah mobil kecil.

Dari kejauhan, pesawat yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa terbang selama 24 jam sekali jalan itu nampak seperti seperti serangga raksasa yang melayang di udara.

Halaman12
Editor: wid
Sumber: Antara
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas