Rabu, 26 November 2014
Tribun Jogja

SBY Rapat Bahas Situasi Palopo Siang Ini

Senin, 1 April 2013 09:14 WIB

SBY Rapat Bahas Situasi Palopo Siang Ini
TRIBUN TIMUR/Sudirman
Ruangan BKD Dibakar di Kantor Wali Kota Palopo yang turut dibakar massa, Jl Andi Jemma 88. Sulawesi Selatan. Minggu (31/3/2013).
TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diagendakan rapat terbatas (Ratas) membahas situasi terkini di tanah air. Khususnya kerusuhan yang terjadi di Palopo, Sulawesi Selatan, Minggu (31/3/2013), kemarin.

Agenda Biro Pers Kepresidenan yang diperoleh Tribunnews.com, pagi ini, menyebut rapat akan dihadiri Wakil Presiden Boediono dan pejabat tinggi selevel menteri bidang Polhukam.

Diberitakan kemarin, tujuh gedung milik pemerintah, dan swasta di Kota Palopo, Sulsel, dibakar sekelompok massa pendukung calon wali kota dan wakil wali kota.

Kantor Wali Kota Palopo, Kantor Dinas Perhubungan, sekretariat DPD Partai Golkar dan kantor redaksi harian lokal Palopo Pos, dibakar massa.

Keempat kantor ini berada di jalan protokol utama pusat pemerintahan kota yang berjarak sekitar 350 km sebelah tenggara Kota Makassar.

Kantor Camat Wara Timur, Jl Andi Kambo, sekitar 600 m sebelah barat, Balaikota dan Kantor Panwaslu Kota Palopo di jalan yang sama juga dirusak dan dilempari massa yang beringas. (lihat, Infografis)

Massa juga merusak bagian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan ruang utama Sekretaris Kota di kompleks Kantor Wali Kota Palopo. Empat kendaraan dinas yang terparkir di halaman kantor wali kota ikut menjadi sasaran. Mereka menghancurkan dua mobil dinas dan satu motor.

Aksi anarkis ini hanya berselang 30 menit usai rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menatapkan pasangan Judas Amir - Akhmad Syarifuddin (JA), sebagai pemenang hasil rekapitulasi.

Judas-Akhmad adalah calon usungan koalisi Golkar, Partai Demokrasi Pembangunan (PDP), Partai Persatuan Demokrasi Indonesia (PPDI), Partai Kedaulatan (PK), PNBKI, Partai Gerindra, dan Persatuan Pembangunan Daerah.

Duet nomor urut 1 ini meraih 37.469 suara (50.50 %) mengungguli pasangan calon nomor urut lima, Haidir Basir-Thamrin Jufri. Duet berjuluk Hati ini diusung koalisi 5 partai Islam (PKB, PBR, PPP,, PKPB, PKS) dan Partai Demokrat. Hati meraih 36.731 suara (49.50 %) atau hanya selisih 738 suara atau 0,9 %.

Hingga tadi malam, kondisi kota Palopo hingga pukul 21.,00 wita mulai terkendali. Aparat berjakga-jaga di sejumlah gedung pemerintah, kantor KPU, kantor bank, dan instalasi strategius seperti PLN, Telkom, dan sekretariat tim pemenangan dua pasangan calon.(*)
Editor: evn
Sumber: Tribunnews

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas